@phdthesis{universitasamikomyogyakarta28886, month = {January}, title = {\{SKEMA MAGANG ARTIST\} IMPLEMENTASI TEKNIK FRAME BY FRAME KARAKTER 2D SCENE KASTIL PADA REMAKE JINGLE AMIKOM}, school = {Universitas AMIKOM Yogyakarta}, author = {Anggara Dia Nita}, year = {2025}, abstract = {Animasi adalah sebuah proses yang dimana sebuah sekumpulan gambar yang nantinya akan dirangkai menjadi satu dan disusun secara berurutan, yang kemudian rangkaian tersebut akan ditampilkan dengan kecepatan yang memadai, maka akan tercipta lah sebuah gerakan yang berasal dari kumpulan gambar tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menggali cara pembuatan animasi tradisional 2D menggunakan teknik frame by frame untuk menciptakan karakter yang lebih hidup dan dinamis dalam sebuah karya animasi yang mengusung tema kastil. Teknik yang digunakan adalah teknik frame by frame dengan menggunakan software Clip Studio Paint. Hasil pada penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan teknik frame by frame membutuhkan waktu lama dan usaha yang cukup besar tetapi menghasilkan sebuah animasi yang lebih halus dan terperinci. Pada penelitian ini akan berkontribusi pada perkembangan animasi dengan menggunakan teknik animasi 2D dengan pendekatan frame by frame, yang nantinya akan digunakan pada sebuah proyek animasi lainnya, dan dapat memberikan sebuah pemahaman yang lebih dalam mengenai keuntungan dan tantangan dalam proses pembuatan animasi.}, keywords = {Animasi 2D, Frame by Frame}, url = {https://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/28886/} }