PERANCANGAN NOVEL VISUAL “ROCK-OUT GIRLS! THE MANAGER STORY” MENGGUNAKAN RENPY

Ridho, Abdurrasyid (2016) PERANCANGAN NOVEL VISUAL “ROCK-OUT GIRLS! THE MANAGER STORY” MENGGUNAKAN RENPY. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (255kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (77kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 12.11.5881 Abdurrasyid Ridho.zip
Restricted to Repository staff only

Download (395MB)

Abstract

Hiburan atau entertainment berkembang seiring dengan kemajuan teknologi. Salah satu contoh perkembangan tersebut adalah munculnya Visual Novel. Lahir di negara Jepang, jenis hiburan ini telah banyak diadaptasi menjadi jenis hiburan lain seperti komik, anime dan lainnya. Seiring dengan perkembangan konsol gaming dan penerjemahan Visual Novel ke bahasa luar seperti bahasa Inggris, Visual Novel mulai dikenal di luar Jepang, salah satunya Indonesia. Kini di Indonesia, selain menjadi penikmat Visual Novel Jepang, juga memulai untuk membuat sendiri Visual Novel sendiri, namun sayangnya jumlahnya masih sedikit seperti yang terdata di forum pengembang Visual Novel Indonesia, VNProject. Selain itu, Visual Novel masih dipandang sebelah mata sehingga perkembangannya terkesan lambat. Karenanya penulis mencoba merancang Visual Novel “Rock-Out Girls! The Manager Story” menggunakan Ren’Py dengan harapan dapat memberi kontribusi pada perkembangan Visual Novel Indonesia dan juga agar Visual Novel semakin dikenal khususnya di Indonesia. Pada Skripsi ini, penulis menganalisis Visual Novel yang akan dirancang, mulai dari segi kelemahan sistem menggunakan SWOT, kebutuhan apa saja yang diperlukan, kelayakan sistem, hukum dan operasional. Pada perancangan pun dilakukan dalam tiga tahap, yang pertama adalah pra-produksi atau perancangan awal, produksi dimana setiap bagian Visual Novel diselesaikan dan terakhir adalah pengujian Visual Novel itu sendiri agar mendapatkan hasil yang optimal. Hasil akhir yang didapat adalah sebuah Visual Novel dengan judul “Rock- Out Girls! The Manager Story”, yang ditujukan agar penikmatnya dapat menikmati cerita yang ada, ditambah beberapa poin mengenai pengetahuan tentang dunia musik. Diharapkan dengan adanya Visual Novel ini, dapat memberi kontribusi pada perkembangan Visual Novel Indonesia dan membantu lebih mengenalkan apa itu Visual Novel pada masyarakat Indonesia.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Hidayat, Tonny
Uncontrolled Keywords: Hiburan, Visual Novel, analisis, perancangan, produksi, pengujian, perkembangan dan Visual Novel Indonesia
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 04 Nov 2022 02:00
Last Modified: 20 Nov 2023 07:15
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/9948

Actions (login required)

View Item View Item