-, Zulsani (2015) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN GAME EDUKASI DUNIA BAWAH LAUT BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (558kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (275kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (501kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (632kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (64kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (68kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code 12.11.6096 Zulsani.zip Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
Masyarakat Indonesia umumnya kurang peduli terhadap kebersihan lingkungan laut, masyarakat lebih suka hal yang praktis, di mana ada tumpukan sampah berarti adalah tempat pembuangan sampah walaupun terdapat papan besar yang bertuliskan “Dilarang buang sampah di sini !”. Kebiasaan manusia bermula dari suatu perbuatan yang di ulang-ulang dalam bentuk yang sama. Dan kebudayaan itu dihasilkan dari setiap perilaku atau perbuatan yang dilakukan oleh manusia dalam suatu tempat yang dilakukan berulang-ulang dan menjadi kebiasaan. Masalah utama adalah masyarakat indonesia pada umumnya tidak diedukasikan untuk menjaga kelestarian lingkungan sejak dini, orang dewasa justru mempraktekkan membuang sampah sembarangan adalah hal yang wajar. Sehingga anak-anak mulai mengikuti kebiasaan tersebut dan menganggap juga buang sampah sembarangan adalah suatu kewajaran. Salah satu solusi adalah memberikan edukasi kepada anak namun dengan cara yang mereka sukai yaitu game edukasi. Ada beberapa kelebihan dari game edukasi dibandingkan dengan metode edukasi konvensional. Salah satu kelebihan utama game edukasi adalah pada visualisasi dari permasalahan nyata. Atas dasar itu penulis ingin menghadirkan sebuah wadah kepada anak untuk mengenal kekayaan dan keberagaman laut Indonesia dalam bentuk game edukasi yang diharapkan mampu memunculkan minat anak untuk tetap menjaga kelestarian keberagaman laut Indonesia.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Lingkungan, construct 2, edutainment, game, quiz, game design document | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 27 Oct 2022 03:38 | ||
Last Modified: | 21 Nov 2023 03:07 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/9748 |
Actions (login required)
View Item |