PERANCANGAN DAN PEMBUATAN GAME EDUKASI DUNIA BAWAH LAUT BERBASIS ANDROID

-, Zulsani (2015) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN GAME EDUKASI DUNIA BAWAH LAUT BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (558kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (275kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (64kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 12.11.6096 Zulsani.zip
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Masyarakat Indonesia umumnya kurang peduli terhadap kebersihan lingkungan laut, masyarakat lebih suka hal yang praktis, di mana ada tumpukan sampah berarti adalah tempat pembuangan sampah walaupun terdapat papan besar yang bertuliskan “Dilarang buang sampah di sini !”. Kebiasaan manusia bermula dari suatu perbuatan yang di ulang-ulang dalam bentuk yang sama. Dan kebudayaan itu dihasilkan dari setiap perilaku atau perbuatan yang dilakukan oleh manusia dalam suatu tempat yang dilakukan berulang-ulang dan menjadi kebiasaan. Masalah utama adalah masyarakat indonesia pada umumnya tidak diedukasikan untuk menjaga kelestarian lingkungan sejak dini, orang dewasa justru mempraktekkan membuang sampah sembarangan adalah hal yang wajar. Sehingga anak-anak mulai mengikuti kebiasaan tersebut dan menganggap juga buang sampah sembarangan adalah suatu kewajaran. Salah satu solusi adalah memberikan edukasi kepada anak namun dengan cara yang mereka sukai yaitu game edukasi. Ada beberapa kelebihan dari game edukasi dibandingkan dengan metode edukasi konvensional. Salah satu kelebihan utama game edukasi adalah pada visualisasi dari permasalahan nyata. Atas dasar itu penulis ingin menghadirkan sebuah wadah kepada anak untuk mengenal kekayaan dan keberagaman laut Indonesia dalam bentuk game edukasi yang diharapkan mampu memunculkan minat anak untuk tetap menjaga kelestarian keberagaman laut Indonesia.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Utami, Ema
Uncontrolled Keywords: Lingkungan, construct 2, edutainment, game, quiz, game design document
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 27 Oct 2022 03:38
Last Modified: 21 Nov 2023 03:07
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/9748

Actions (login required)

View Item View Item