PENERAPAN AUGMENTED REALITY UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN WAYANG KULIT DI TK PAMUJI SARI PAKIS BERBASIS ANDROID

Rianansyah, Anggit (2022) PENERAPAN AUGMENTED REALITY UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN WAYANG KULIT DI TK PAMUJI SARI PAKIS BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (643kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (212kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (971kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (958kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (68kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code 18.11.2025 Anggit Rianansyah.rar
Restricted to Repository staff only

Download (493MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi 18.11.2025 Anggit Rianansyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB)

Abstract

TK PAMUJI SARI PAKIS merupakan sekolah berjenjang untuk anak usia dini jalur pendidikan formal. Dalam kurikulum TK PAMUJI SARI PAKIS lebih ditekankan pada menciptakan rangsangan pendidikan agar dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan anak dalam jasmani dan rohani agar memiliki kesiapan memasuki jenjang selanjutnya. untuk memenuhi tujuannya, TK PAMUJI SARI PAKIS memliki beberapa tema. Salah satunya adalah tema Kebudayaan, dalam kebudayaan ini lebih memperkenalkan kebudayaan contohnya wayang kulit. Di TK PAMUJI SARI PAKIS dalam memperkenalkan wayang kulit masih menggunakan media kertas yang menampilan dalam bentuk 2D dan untuk menarik minat anak dalam belajar tentang wayang kulit, maka dilakukannya perkembangan melalui teknologi. Teknologi Augmented Reality adalah teknologi yang menggabungkan 2D atau 3D dalam memproyeksikan dalam bentuk maya dalam waktu nyata. Teknologi ini sangat tepat untuk media pembelajaran, karena anak-anak dapat melihat secara langsung secara 2D atau 3D tanpa harus menggunakan media kertas. Dalam penelitian ini diharapkan aplikasi ini dapat bermanfaat untuk anak atau guru dalam pengenalan wayang kulit dan meningkatkan rasa cinta dengan budaya Indonesia.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Hartanti, Ninik Tri
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Wayang Kulit, Media Pembelajaran, Aplikasi, Multimedia
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 25 Oct 2022 07:16
Last Modified: 31 Jul 2023 07:48
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/9596

Actions (login required)

View Item View Item