PENERAPAN METODE INFORMATION ECONOMICS UNTUK MENGUKUR NILAI EKONOMIS PENGIMPLEMENTASIAN AUGMENTED REALITY TECHNOLOGY SEBAGAI MEDIA PROMOSI

Nugroho, Fendy Prasetyo (2020) PENERAPAN METODE INFORMATION ECONOMICS UNTUK MENGUKUR NILAI EKONOMIS PENGIMPLEMENTASIAN AUGMENTED REALITY TECHNOLOGY SEBAGAI MEDIA PROMOSI. S2 - Magister thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text
17.52.1068-Fendy Prasetyo Nugroho.pdf - Published Version

Download (8MB)

Abstract

Investasi teknologi informasi merupakan hal penting bagi Museum Sangiran agar mempunyai kekuatan atau daya saing di lingkungan bisnis yang dinamis dan kompetitif pada era Revolusi Industri 4.0 saat ini. Peningkatan investasi daerah pada bidang pariwisata dan ekonomi kreatif juga menjadi salah satu andalan Indonesia dalam mewujudkan cita-cita Indonesia masuk dalam lima besar ekonomi dunia tepat pada 100 tahun usia kemerdekaan Indonesia pada tahun 2045 mendatang. Beralihnya dunia analog menuju digital menambah variasi dalam visualisasi sebuah karya. Perkembangan pengetahuan teknologi informasi multimedia dan animasi yang dimanfaatkan sebagai media promosi melalui Augmented Reality Technology saat ini juga semakin beragam dan akan terus berkembang dengan cepat. Penelitian ini dilakukan untuk membantu menganalisa dan mengukur kelayakan investasi teknologi informasi Augmented Reality Technology pada Museum Sangiran menggunakan objek penelitian aplikasi desktop dan aplikasi mobile android berdasarkan metode Information Economics dengan proses bisnis yang akan memberikan kontribusi secara finansial (tangible), quasi-tangible dan non-finansial (intangible). Kemudian hasil akhir dari kedua objek tersebut akan dianalisis pada tabel Information Economics Scorecard dan dibandingkan untuk dapat menentukan nilai yang lebih baik. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan skor akhir yang dihasilkan dari perhitungan Information Economics Scorecard pada aplikasi berbasis desktop dan pada aplikasi berbasis mobile android dapat disimpulkan bahwa aplikasi mobile android memiliki nilai keuntungan investasi yang lebih baik daripada aplikasi desktop. Hal ini sekaligus menandakan pemanfaatan teknologi informasi Augmented Reality Technology berbasis aplikasi mobile android memberikan manfaat yang lebih besar untuk Museum Sangiran daripada risiko yang didapatkan.

Item Type: Thesis (S2 - Magister)
Contributor:
Pembimbing
Kusrini, Kusrini
Luthfi, Emha Taufiq
Uncontrolled Keywords: Sangiran, Teknologi Informasi, Investasi TI, Information Economics, Augmented Reality Technology
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus
500 – Ilmu Pengetahuan > 500 Ilmu pengetahuan > 509 Sejarah, perlakuan geografis, biografi
900 – Sejarah dan Geografi > 900 Sejarah > 900 Sejarah dan Geografi
Divisions: Pascasarjana MTI > Magister Teknik Informatika
Depositing User: Resource Center Universitas Amikom Yogyakarta
Date Deposited: 17 Jan 2022 02:50
Last Modified: 20 Jan 2022 07:49
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/92

Actions (login required)

View Item View Item