PERANCANGAN OBJEK 3D GEDUNG BSC STMIK AMIKOM MENGGUNAKAN TEKNOLOGY AUGMENTED REALITY

Sya’roni, Achmad (2017) PERANCANGAN OBJEK 3D GEDUNG BSC STMIK AMIKOM MENGGUNAKAN TEKNOLOGY AUGMENTED REALITY. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (934kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (380kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (899kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (92kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 12.11.6552 Achmad Sya’roni.zip
Restricted to Repository staff only

Download (65MB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman pada saat ini di tandai dengan kemajuan teknologi multimedia, di tuntut untuk dapat mengikuti kemajuan teknologi yang telah ada. Begitu juga salah satu prinsipnya yaitu tanggap terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi. Itu artinya bahwa ilmu pengetahuan dan teknologi multimedia berkembang secara dinamis. Gedung BSC (Business student center) adalah sebuah gedung yang banyak digunakan oleh mahasiswa untuk menyalurkan hoby dan kreatifitasnya. Oleh sebab itu di butuhkan sebuah teknologi dalam bentuk 3D menggunakan Augmented Reality. Tujuan dalam penelitian ini adalah merancang sebuah objek 3D gedung BSC STMIK AMIKOM menggunakan teknology Augmented Reality. Sistem ini dapat menginformasikan kepada mahasiswa untuk mencari letak ruangan dan lokasi gedung UKM secara real/nyata. Dengan begitu seseorang bisa mengetahui organisasi yang bergerak dalam bidang nya masing-masing untuk mendapatkan informasi tersebut, Pada desain gedung 3D nya di buat menggunakan software Blender dan untuk pembuatan Augmented Reality nya menggunakan software Unity 3D. Augmented Reality merupakan integrasi elemen-elemen digital yang ditambahkan ke dalam dunia nyata secara realtime dan mengikuti keadaan lingkungan yang ada di dunia nyata. Dengan adanya sistem ini berharap Gedung BSC dalam bentuk 3D bisa di lihat oleh semua mahasiswa STMIK AMIKOM untuk menginformasikan letak ruangan dan organisasi kegiatan yang ada pada UKM tersebut. Dalam pembuatan sistem Augmented Reality nya ini dirancang menggunakan Microsoft Visual Studio(Android Studio), Vuvoria SDK, dan Android SDK. Sistem ini dapat diaplikasikan pada smartphone dengan platform Android Minimum Versi 2.3.1(Gingerbread) sampai Versi 6.0 (Marsmallow).

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Sofyan, Amir Fatah
Uncontrolled Keywords: Android, Augmented Reality, Blender, Unity 3D, Microsoft Visual Studio, Vuvoria SDK, Android SDK
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 13 Oct 2022 02:47
Last Modified: 09 Nov 2023 07:42
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/8849

Actions (login required)

View Item View Item