Suprapto, Anggit Dwi (2017) ANALISIS DAN PERANCANGAN CONTROLLER EKSPRESI WAJAH 3D KARAKTER “ANGGIT” DENGAN KOLABORASI TEKNIK MORPHING DAN BONES. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (286kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (804kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (449kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (57kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code 13.11.7078 Anggit Dwi Suprapto.zip Restricted to Repository staff only Download (358MB) |
Abstract
Animasi merupakan media hiburan yang sangat menarik untuk semua kalangan. Animasi 3D semakin berkembang dari waktu ke waktu dalam berbagai media karena daya tariknya yang khas dengan visualisasi yang lebih nyata. Ekspresi wajah merupakan cerminan perasaan dalam animasi yang sangat penting untuk diperhatikan. Untuk mendapatkan hasil ekspresi wajah yang lebih menarik dan dalam waktu yang tidak terlalu lama, banyak tahapan-tahapan yang bisa dilalui, diantaranya morphing, dan untuk mendapatkan hasil animasi yang lebih detail dan realistik yaitu dengan kolaborasi teknik morphing dan bones. Morph merupakan hasil proses perekaman objek yang berfungsi untuk mempermudah animasi selanjutnya, morph lebih banyak digunakan pada karakter bagian wajah. Bones atau rigging merupakan proses pemberian struktur tulang pada objek 3D, supaya objek bisa digerakkan dan mempermudah dalam animasi. Dalam teknik morph berkolaborasi dengan bones akan memberikan gerakan yang lebih luas dan bebas, sehingga animasi menjadi lebih fleksibel dan nyata.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Multimedia, Animasi, Rigging 3D, Bone 3D, Morph 3D, Ekspresi Wajah 3D, Kolaborasi Morph dan Bone | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 13 Oct 2022 02:42 | ||
Last Modified: | 30 Oct 2023 06:14 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/8843 |
Actions (login required)
View Item |