APLIKASI GAME EDUKASI BAHASA ARAB “BAITI,MADROSATI” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADAANAK USIA DINI

WS, Widakdo (2021) APLIKASI GAME EDUKASI BAHASA ARAB “BAITI,MADROSATI” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADAANAK USIA DINI. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (539kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (233kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (70kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code-18.11.1831- WIDAKDO WS - 1831 Widakdo WS.rar
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-18.11.1831-Widakdo WS - 1831 Widakdo WS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (479kB)

Abstract

Media merupakan alat yang dapat digunakan sebagai perantara dalam menstimulasi semua aspek perkembangan pada anak usia dini, baik aspek nilai moral dan agama, aspek fisik motorik, aspek bahasa, aspek sosial emosional, aspek kognitif maupun aspek seni. Untuk merangsang semua aspek perkembangan anak usia dini tidak bisa lepas dari media pembelajaran karena media pembelajaran mempunyai peranan yang penting dalam proses kegiatan belajar mengajar. Sebagaimana menurut Hurlock anak usia dini memiliki daya konsentrasi yang singkat yaitu 10-15 menit. Penyebabnya adalah kurangnya rasa ketertarikan dan kurangnya perhatian anak-anak untuk mengikuti pembelajaran yang sedang berlangsung. Kebanyakan anak-anak merasa jenuh dan malas dengan pembelajaran konvensional dan merasa lebih menyukai bermain dari pada belajar. Dengan adanya media pembelajaran mampu mengalihkan perhatian anak untuk tidak cepat bosan, atau mampu konsentrasi dalam suatu kegiatan dengan waktu yang cukup lama dibandingkan dengan tidak menggunakan media pembelajaran. Salah satu cara untuk memperbaikinya adalah perlu media pembantu yang dikemas secara menarik, santai, dan interaktif, yang dikemas dengan format Game edukasi “Baiti,Madrosati" yaitu berupa pengenalan keluarga dan lingkungan sekitarnya pada anak perlu ditingkatkan baik secara intensitas dan medianya. Dengan kemasan Game akan memicu rasa penasaran, daya saing, dan rasa senang saat belajar. Dengan adanya Game edukasi tersebut diharapkan dapat membantu guru, pengajar dan orang tua untuk menumbuhkan semangat sang buah hati dalam belajar. Metode Perancangan ini meliputi perancangan konsep, perancangan isi, perancangan naskah dan perancangan grafik.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Prabowo, Donni
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, Game edukasi, Pendidikan anak usia dini, Perancangan
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 13 Jun 2022 04:24
Last Modified: 09 Aug 2023 04:10
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/870

Actions (login required)

View Item View Item