WS, Widakdo (2021) APLIKASI GAME EDUKASI BAHASA ARAB “BAITI,MADROSATI” SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADAANAK USIA DINI. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (539kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (233kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (637kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (468kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (70kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code-18.11.1831- WIDAKDO WS - 1831 Widakdo WS.rar Restricted to Repository staff only Download (17MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-18.11.1831-Widakdo WS - 1831 Widakdo WS.pdf Restricted to Repository staff only Download (479kB) |
Abstract
Media merupakan alat yang dapat digunakan sebagai perantara dalam menstimulasi semua aspek perkembangan pada anak usia dini, baik aspek nilai moral dan agama, aspek fisik motorik, aspek bahasa, aspek sosial emosional, aspek kognitif maupun aspek seni. Untuk merangsang semua aspek perkembangan anak usia dini tidak bisa lepas dari media pembelajaran karena media pembelajaran mempunyai peranan yang penting dalam proses kegiatan belajar mengajar. Sebagaimana menurut Hurlock anak usia dini memiliki daya konsentrasi yang singkat yaitu 10-15 menit. Penyebabnya adalah kurangnya rasa ketertarikan dan kurangnya perhatian anak-anak untuk mengikuti pembelajaran yang sedang berlangsung. Kebanyakan anak-anak merasa jenuh dan malas dengan pembelajaran konvensional dan merasa lebih menyukai bermain dari pada belajar. Dengan adanya media pembelajaran mampu mengalihkan perhatian anak untuk tidak cepat bosan, atau mampu konsentrasi dalam suatu kegiatan dengan waktu yang cukup lama dibandingkan dengan tidak menggunakan media pembelajaran. Salah satu cara untuk memperbaikinya adalah perlu media pembantu yang dikemas secara menarik, santai, dan interaktif, yang dikemas dengan format Game edukasi “Baiti,Madrosati" yaitu berupa pengenalan keluarga dan lingkungan sekitarnya pada anak perlu ditingkatkan baik secara intensitas dan medianya. Dengan kemasan Game akan memicu rasa penasaran, daya saing, dan rasa senang saat belajar. Dengan adanya Game edukasi tersebut diharapkan dapat membantu guru, pengajar dan orang tua untuk menumbuhkan semangat sang buah hati dalam belajar. Metode Perancangan ini meliputi perancangan konsep, perancangan isi, perancangan naskah dan perancangan grafik.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran, Game edukasi, Pendidikan anak usia dini, Perancangan | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 13 Jun 2022 04:24 | ||
Last Modified: | 09 Aug 2023 04:10 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/870 |
Actions (login required)
View Item |