Pratama, Muhammad Anis Ghozi Pentha (2022) MAKNA PESAN DALAM IKLAN GOJEK VERSI PASTI ADA JALAN BUAT PARA JEMPOLAN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (722kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (577kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (584kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (265kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (81kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (260kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi 18.96.0681 Muhammad Anis Ghozi Pentha Pratama.pdf Restricted to Repository staff only Download (485kB) |
Abstract
Pesan menjadi salah satu unsur penting dalam suatu komunikasi. Penggunaan suatu pesan dapat dilihat dalam iklan. Iklan dibuat sedemikian rupa agar pesan yang dibuat dapat tersampaikan. Makna pesan dari suatu iklan kerap tidak tersampaikan kepada penonton. Hal tersebut dikarenakan iklan pada era sekarang sering menggunakan unsur tanda dalam penyampaian suatu pesan. Penggunaan tanda pada suatu iklan kerap membuat penonton tidak mengerti makna pesan sebenarnya yang ingin disampaikan. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tanda guna memahami makna pesan yang ada pada suatu iklan. Pada penelitian ini iklan yang diteliti adalah iklan Gojek versi Pasti Ada Jalan Buat Para Jempolan. Untuk mengungkap makna pesan yang terkandung dalam penggunaan tanda dalam suatu iklan, maka digunakan metode analisis semiotika. Teori yang digunakan adalah milik Charles Sanders Peirce yang menjelaskan tentang trikotomi Peirce. Teori yang berisi representamen, object, dan interpretant digunakan dalam menganalisis tiap adegan dalam iklan Gojek versi Pasti Ada Jalan Buat Para Jempolan. Pengambilan iklan yang dianalisis diambil dari Youtube Gojek Indonesia. Dari hasil analisis yang dilakukan memberikan hasil bahwa setiap adegan memiliki makna pesannya sendiri, namun adegan satu dengan adegan lainnya memiliki korelasi sehingga keseluruhan dari iklan ini merepresentasikan suatu realita. Kesimpulan dari penelitian ini menghasilkan makna pesan dari iklan Gojek versi Pasti Ada Jalan Buat Para Jempolan, yaitu representasi dari suatu realita kehidupan sosial era modern di era sekarang.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Pesan, Iklan, Semiotika, Message, Advertising, Semiotics | ||
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302.2 Ilmu Komunikasi | ||
Divisions: | Fakultas Ekonomi & Sosial > Ilmu Komunikasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 10 Oct 2022 06:46 | ||
Last Modified: | 02 Aug 2023 04:17 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/8673 |
Actions (login required)
View Item |