PENERAPAN ALGORITMA A* UNTUK PERGERAKAN NON-PLAYABLE CHARACTER PADA GAME “ESCAPE FROM PIRATE”

Alansyah, Fajar (2022) PENERAPAN ALGORITMA A* UNTUK PERGERAKAN NON-PLAYABLE CHARACTER PADA GAME “ESCAPE FROM PIRATE”. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (614kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (284kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (641kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (917kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (68kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code 17.11.1413 Fajar Alansyah.rar
Restricted to Repository staff only

Download (4kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi 17.11.1413 Fajar Alansyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (565kB)

Abstract

Perkembangan dunia game semakin pesat dengan dengan diiringi perkembangan teknologi saat ini. Sebuah game akan lebih menarik dengan adanya Artificial intelligence atau AI. Penerapan sebuah AI biasanya ditujukan untuk objek pada game baik itu player maupun NPC pada game. Penerapan AI pada pada NPC sangat beragam karena bertujuan untuk membuat game itu lebih menarik. Salah satu dari metode AI dalam game adalah Pathfinding atau metode untuk menemukan solusi dari penyelesaian pencarian rute yang efisien. Metode Pathfinding digunakan pada NPC untuk mencari rute atau mengejar dan menghalangi player dalam mencapai tujuan pada game. Dalam penerapan metode Pathfinding diperlukan sebuah algoritma. Salah satu algoritma Pathfinding adalah algoritma A-Star. Dengan dilakukannya observasi, kemungkinan algoritma A-Star dapat diterapkan sebagai proses pencarian rute terpendek pada game. Untuk itu, dalam penelitian ini, dibangun sebuah game yang memiliki genre stealth yaitu game yang memiliki ciri gameplay mengendap-ngendap agar terhindar dari musuh pada game. Game dibangun dengan menggunakan Unity dan dapat dijalankan pada desktop. Tujuan dari pembuatan game ini adalah untuk menerapkan AI pada NPC musuh sehingga memiliki perilaku yang lebih natural dengan melakukan pengejaran pada player secara efektif.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Verawati, Ike
Uncontrolled Keywords: Pathfinding, Unity, AI, Algoritma A-star
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 10 Oct 2022 04:31
Last Modified: 01 Aug 2023 04:02
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/8606

Actions (login required)

View Item View Item