Harahap, Rahmat Kurniawan (2022) PENERAPAN AUGMENTED REALITY UNTUK PENGENALAN RAMBU RAMBU LALU LINTAS MENGGUNAKAN APLIKASI UNITY. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (160kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (678kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (370kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (474kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (39kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
source code 17.11.1758 Rahmat Kurniawan Harahap.zip Restricted to Repository staff only Download (94MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi 17.11.1758 Rahmat Kurniawan Harahap.pdf Restricted to Repository staff only Download (389kB) |
Abstract
Banyaknya pelanggaran dan pengabaian pengguna jalan mengenai rambu rambu lalu lintas menjadi penghambat dalam berlalu lintas, pelanggaran tersebut akibat dari minimnya pengetahuan pengendara tentang rambu lalu lintas tersebut. Media yang digunakan sebagai pengenalan rambu lalu lintas kurang interaktif sehingga perlu adanya pengembangan media pengenalan rambu rambu lalu lintas. Seiring berkembang pesatnya teknologi pada era ini membuat banyaknya inovasi pengimplementasian teknologi ke dalam berbagai aspek kehidupan salah satunya teknologi augmented reality pada bidang edukasi ataupun pendidikan. inovasi media pengenalan rambu rambu lalu lintas dengan teknologi augmented reality dapat memberikan media yang baru untuk pengenalan rambu rambu lalu lintas dan dapat digunakan sebagai media sosialiasi rambu rambu lalu lintas kepada masyarakat maupun pelajar. Berdasarkan landasan tersebut penulis mengembangkan aplikasi augmented reality rambu rambu lalu lintas berbasis android sebagai media pengenalan rambu rambu rambu lalu lintas. Aplikasi augmented reality rambu rambu lalu lintas ini menggunakan metode marker based tracking dimana marker yang digunakan merupakan gambar dari symbol symbol rambu rambu lalu lintas. Marker tersebuat akan menjadi penanda objek , pada saat aplikasi melacak dan memindai marker berhasil terdeteksi maka objek 3D akan muncul di atas marker sehingga objek rambu rambu lalu lintas seolah olah terlihat nyata.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Augmented reality, marker based tracking, media interaktif, smartphone android | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 10 Oct 2022 03:50 | ||
Last Modified: | 01 Aug 2023 04:53 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/8560 |
Actions (login required)
View Item |