PERANCANGAN ASET GAME EDUKASI MATEMATIKA ‘RETURNS OF THE MATH GOD’ DENGAN PENGGUNAAN TEKNIK FRAME BY FRAME

Adiningsih, Marifah (2022) PERANCANGAN ASET GAME EDUKASI MATEMATIKA ‘RETURNS OF THE MATH GOD’ DENGAN PENGGUNAAN TEKNIK FRAME BY FRAME. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (508kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (279kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (679kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (744kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (57kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code 18.82.0410 Dini Adiningsih.rar
Restricted to Repository staff only

Download (33MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi 18.82.0410 Dini Adiningsih.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Di era industri 4.0 saat ini, salah satu sektor industri kreatif digital yang memiliki potensi peluang pasar yang besar adalah game. Game merupakan sebuah permainan simulasi yang didukung oleh proyeksi visual dan audio. Matematika adalah suatu ilmu pengetahuan eksakta yang mengasah logika dan pemecahan masalah. Di bidang pendidikan sekolah dasar, umumnya matematika dianggap sulit dan membosankan bagi sebagian siswa, karena banyak menggunakan angka dan simbol. Penggabungan dari matematika dan game diharapkan dapat menjadi suatu sarana pembelajaran yang dapat mengasah logika berpikir dan kemampuan pengambilan keputusan sekaligus menjadi sarana hiburan. The Returns of Math God merupakan sebuah game edukasi matematika yang dikembangkan untuk anak usia dini dengan menggunakan sistem permainan RPG Turn Based. Untuk menunjang visualisasinya, permainan ini menggunakan asset dengan style gambar anime dan mengangkat latar belakang budaya dari Indonesia. Pembuatan animasi dari aset game ini menggunakan teknik Frame by Frame dengan software Paint Tool Sai dan Adobe Photoshop. Hasil dari project ini adalah sebuah aset game dua dimensi yang siap diimplementasikan dalam kebutuhan pengembangan game.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Filza, Muhammad Fairul
Uncontrolled Keywords: Game, Edukasi, Game Asset, Frame by Frame, The Returns of Math God, Game, Education, Game Asset, Frame by Frame, The Returns of Math God
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 07 Oct 2022 08:11
Last Modified: 01 Aug 2023 04:50
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/8506

Actions (login required)

View Item View Item