PENERAPAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI PENGENALAN GEDUNG SEKOLAH BERBASIS ANDROID Studi Kasus: SD MUHAMMADIYAH SAGAN TA 2021/2022

Haryandi, Wan (2021) PENERAPAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI PENGENALAN GEDUNG SEKOLAH BERBASIS ANDROID Studi Kasus: SD MUHAMMADIYAH SAGAN TA 2021/2022. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (592kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (316kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (530kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (67kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 18.11.1950 Wan Haryandi.zip
Restricted to Repository staff only

Download (49MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Naskah Publikasi 18.11.1950 Wan Haryandi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (896kB)

Abstract

Memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR) dalam mengembangkan aplikasi yang dapat memberikan informasi mengenai profil sekolah dan menampilkan gedung sekolah SD Muhammadiyah Sagan berserta fasilitas-fasilitas yang dimiliki secara virtual dengan menggunakan perangkat smartphone. Metode Penelitian yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi Pengenalan Gedung sekolah ini yaitu Melakukan Pengumpulan data, Analisis Sistem, Design Sistem, Pengkodean, dan Pengujian.Pembuatan diawali dengan pengambilan gambar pada gedung sekolah SD Muhammadiyah Sagan kemudian di desain menggunakan software 3D max studio dan Blender. Perancangan Aplikasi AR menggunakan software Unity dan LibraryVuforia selanjutnya merancang sebuah marker yang nantinya akan digunakan untuk menampilkan object 3D. Hasil Akhir dari penelitian ini berupa Aplikasi yang sudah berjalan pada perangkat smartphone android dan sudah didesain sesederhana mungkin sehingga memungkinkan para siswa atau siswi juga bisa menjalankan aplikasi tersebut.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Ariatmanto, Dhani
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Vuforia, Blender, Android, Pengenalan Gedung
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 07 Oct 2022 04:25
Last Modified: 02 Aug 2023 07:01
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/8475

Actions (login required)

View Item View Item