Ramadhany, Putri Mya (2022) PEMBUATAN RIGGING KARAKTER ANIMASI 2D “ DUNIA KHAYALAN ” MENGGUNAKAN DUIK. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (192kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (664kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (868kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (400kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (42kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) |
|
Video (SOURCE CODE)
Source Code 20.22.2408 Putri Mya Ramadhany.mp4 Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi 20.22.2408 Putri Mya Ramadhany.pdf Restricted to Repository staff only Download (401kB) |
Abstract
Animasi adalah gambar bergerak dari sebuah sekumpulan objek yang dapat disusun secara berurutan mengikuti gerakan yang telah ditentukan. Dalam Proses pembuatan animasi dibutuhkan metode frame by frame pada setiap frame dibutuhkan banyak waktu untuk menciptakan sebuah gambar gerakan pada karakter. Duik merupakan plugin pada animasi yang berfungsi untuk mempermudah penganimasian karakter dengan menggunakan metode invers kinematik. Proses pembuatan karakter tanpa menggambar pada setiap framenya hal ini dapat mempermudah animator dalam penggerakan pada karakter dalam animasi. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pembuatan animasi karakter 2D dengan metode invers kinematik pada karakter animasi “Dunia Khayalan”. Tujuan dalam penelitian ini adalah pengujian terhadap duik dilakukan dengan menguji gerakan menggunakan prinsip animasi sebagai tahapan uji coba gerakan untuk menyatakan keberhasilan gerakan pada animasi karakter. Hasil dari penelitian ini karakter animasi dapat digunakan dengan metode invers kinematik dengan plugin duik. Data penilaian dari responden terhadap gerakan karakter animasi 2D yaitu sangat baik dengan persentase 82,4%. Kesimpulan metode invers kinematik menggunakan duik dapat digunakan dalam proses rigging karakter animasi.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Duik, invers kinematik, animasi 2D, rigging, Adobe After Effect, karakter | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 07 Oct 2022 02:09 | ||
Last Modified: | 01 Aug 2023 03:04 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/8341 |
Actions (login required)
View Item |