GAME EDUKASI AKSARA JAWA "HARTA TANAH JAWA" BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN UNITY

Romadon, Yudha Febriyana (2016) GAME EDUKASI AKSARA JAWA "HARTA TANAH JAWA" BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN UNITY. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (615kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (222kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (836kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (59kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code_12.12.6774 Yudha Febriyana Romadon.zip
Restricted to Repository staff only

Download (51MB)

Abstract

Indonesia mempunyai banyak sekali kebudayaan dan bahasa pada tiap-tiap daerah, salah satunya adalah bahasa Jawa. Dalam bahasa Jawa terdapat tatanan penulisan huruf nya sendiri, yakni yang disebut dengan aksara Jawa. Namun, sekarang ini banyak yang mulai melupakan tentang aksara Jawa tersebut karena perkembangan jaman serta minat masyarakat yang mulai menurun untuk mempelajari aksara Jawa tersebut. Pada penelitian ini akan dibangun sebuah game bergenre kuis tentang aksara Jawa pada smartphone berplatform Android. Game ini dibangun menggunakan metode Software Development Life Cycle (SDLC) serta model proses Extreme Programming (XP). Pengembangan game dengan model XP sendiri biasa digunakan untuk menyederhanakan berbagai tahapan dalam proses pengembangan game sehingga menjadi lebih adaptif dan fleksibel. XP bukan hanya berfokus pada coding tetapi meliputi seluruh area pengembangan perangkat lunak. XP mengambil pendekatan ekstrim dalam iterative development. Dalam game ini terdapat 2 (dua) pilihan mode permainan yang dapat dimainkan serta terdapat 3 (tiga) level permainan yang harus diselesaikan. Pada masing-masing level jumlah soal yang harus diselesaikan berbeda-beda, terdapat 2 (dua) pilihan bantuan yang dapat digunakan untuk membantu menyelesaikan permainan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Utama, Hastari
Uncontrolled Keywords: Aksara jawa, Android, edukasi, Extreme programming, Game, Software development life cycle
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 26 Sep 2022 02:55
Last Modified: 20 Sep 2023 03:02
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/8252

Actions (login required)

View Item View Item