PERANCANGAN GAME EDUKASI BELAJAR DAN BERMAIN BERBASIS ANDROID UNTUK KELAS 4 SD TERPADU MAARIF GUNUNGPRING

Mauludin, Muhammad Akrom (2021) PERANCANGAN GAME EDUKASI BELAJAR DAN BERMAIN BERBASIS ANDROID UNTUK KELAS 4 SD TERPADU MAARIF GUNUNGPRING. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (622kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (269kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (83kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code-17.82.0126-Muhammad Akrom Mauludin - Muhammad Akrom Mauludin.rar
Restricted to Repository staff only

Download (26MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi_17.82.0126_Muhammad Akrom Mauludin - Muhammad Akrom Mauludin.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (649kB)

Abstract

Pembelajaran pada masa pandemi covid dialihkan ke model pembelajaran daring atau jarak jauh. Salah satu yang menerapkan pembelajaran jarak jauh adalah Sekolah Dasar Terpadu Ma’arif. Gunungpring. Oleh karena itu penulis membantu membuat media pembelajaran berupa game edukasi berbasis android yang mana membantu dalam pembelajaran jarak jauh. Dalam penelitian ini, penulis memilih kesulitan bermain untuk kelas 4 SD sebagai percobaan pertama. Game edukasi yang akan dirancang dibuat oleh tim yang beranggota 3 orang termasuk penulis. Metode yang digunakan dalam perancangan game edukasi menggunakan metode Game Development Life Cycle, yang memiliki 6 tahapan yaitu Initiation, Pre-production, Production, Testing, Beta dan Realese. Perancangan menggunakan Adobe XD untuk membuat prototipe dan pembuatan game menggunakan software Unity. Tahapan pengujian atau testing penulis menggunakan metode blackbox testing untuk menguji mekanisme di dalam game dan menggunakan system usability scale untuk menguji kelayakan aplikasi. Sedangkan untuk menguji kelayakan konten di dalam game, penulis menggunakan skala likert yang diujikan kepada orang tua murid. Pengujian beta testing diujikan kepada guru-guru SD Terpadu Ma;arif. Gunungpring. Hasil seluruh pengujian berjalan dan berhasil dengan baik. Aplikasi dirilis dalam format apk bersifat offline dan hanya bisa dimainkan di smartphone android mulai dari android 5.0 sampai android 10.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
-, Haryoko
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi, Unity, Adobe XD, Education.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Komputer
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 13 Jun 2022 02:14
Last Modified: 09 Aug 2023 04:07
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/795

Actions (login required)

View Item View Item