PENERAPAN AUGMENTED REALITY DALAM PEMBELAJARAN MEWARNAI BUAH-BUAHAN PADA ANAK BERBASIS ANDROID

Saputro, Purnomo Pandu (2016) PENERAPAN AUGMENTED REALITY DALAM PEMBELAJARAN MEWARNAI BUAH-BUAHAN PADA ANAK BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (969kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (236kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (988kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (882kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (59kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code_12.11.6339 Purnomo Pandu Saputro.zip
Restricted to Repository staff only

Download (123MB)

Abstract

Dengan adanya kemajuan di bidang teknologi dan pendidikan saat ini, salah satu upaya dalam menunjang kegiatan belajar mengajar anak adalah dengan menggunakan sarana Teknologi Augmented Reality (AR), yaitu penggabungan antara dunia nyata dan dunia maya, di mana objek virtual overlayed pada dunia nyata. Dari segi teknis, teknologi augmented reality merupakan teknologi transformatif, dimana sistem interaksi melingkupi keseluruhan lingkungan di luar tampilan layar. Dari segi strategis, pemanfaatan alat peraga berbasis teknologi augmented reality sangat bermanfaat dalam meningkatkan proses belajar mengajar karena teknologi augmented reality memiliki aspek-aspek hiburan yang dapat menggugah minat anak untuk serius dalam hal belajar mewarnai representasi visual 3D dengan melibatkan interaksi user dalam frame augmented reality. Alat peraga menggunakan sistem Augmented Reality lebih mudah dipahami dibandingkan alat peraga konvensional. Melalui alat peraga ini anakanak seolah-olah dihadapkan pada objek yang dipelajari secara nyata sehingga Proses Belajar Mewarnai lebih menyenangkan, bahkan alat peraga dengan sistem Augmented Reality dapat membantu para orang tua untuk membantu dalam proses belajar mewarnai anak-anak mereka dengan mudah.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Utama, Hastari
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Mewarnai, Buah-Buahan, Android
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 17 Sep 2022 02:44
Last Modified: 21 Nov 2023 04:15
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/7735

Actions (login required)

View Item View Item