PEMBUATAN MAJALAH AUGMENTED REALITY KARAKTER ROBOT BERBASIS ANDROID

Susanto, Iwan (2016) PEMBUATAN MAJALAH AUGMENTED REALITY KARAKTER ROBOT BERBASIS ANDROID. D3 - Diploma thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (221kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (996kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (59kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source code 13.01.3198 Iwan Susanto.zip
Restricted to Repository staff only

Download (124MB)

Abstract

Majalah merupakan salah satu media komunikasi masa yang menyampaikan pesan ke khalayak umum secara detail, menggunakan font bebas dan banyak gambar. Seiring perkembangannya, majalah yang diterbitkan di Indonesia dibagi menjadi beberapa kategori, seperti majalah keluarga, laki-laki, perempuan, anak-anak muda, fashion, olahraga, anak-anak dan lain-lain. Mayoritas majalah ini dalam bentuk sebuah buku yang berisi gambar dan tulisan. Namun, ada beberapa majalah yang telah mulai menerapkan teknologi Augmented Reality. Augmented Reality (AR), adalah teknologi dengan konsep menggabungkan dunia maya dimensi dengan dimensi dunia nyata ditampilkan secara realtime. Hal ini dilakukan dengan menggambar objek tiga dimensi pada marker, yang merupakan gambar yang unik dan dapat dikenali oleh aplikasi. Augmented Reality dapat digunakan dalam berbagai bidang, salah satunya sebagai deskripsi 3dimensi pada majalah. POPULER Indonesia dan HALO Balita adalah majalah yang telah menggunakan teknologi Augmented Reality untuk menampilkan beberapa konten yang mereka miliki. Dalam Tugas Akhir ini, kami mengembangkan aplikasi Augmented Reality untuk menampilkan karakter robot di majalah REMAKE. Aplikasi ini dibangun dengan metode Marker-Based Tracking dan Vuforia SDK sebagai tool untuk mengembangkan aplikasi Augmented Reality berbasis Android. Aplikasi ini mendeteksi gambar sebagai marker pada majalah REMAKE dan menampilkan model tiga-dimensi dan animasi karakter robot di perangkat Android Anda.

Item Type: Thesis (D3 - Diploma)
Contributor:
Pembimbing
Al Fatta, Hanif
Uncontrolled Keywords: Majalah, Augmented Reality, Android, Aplikasi, 3dimensi
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > D3 Teknik Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 15 Sep 2022 02:54
Last Modified: 24 Nov 2023 02:37
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/7552

Actions (login required)

View Item View Item