Makruf, Gilang Putra (2021) SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI PADA BENGKEL TEKNIK AMANAH YOGYAKARTA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (565kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (151kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (254kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (195kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (41kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (35kB) |
|
Other (SOURCE CODE)
Source Code-18.02.0208-Gilang Putra Makruf - Gilang Putra Makruf.rar Restricted to Repository staff only Download (40MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-18.02.0208-Gilang Putra Makruf - Gilang Putra Makruf.pdf Restricted to Repository staff only Download (630kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi informasi pada saat ini begitu cepat, sehingga perusahaan mencoba untuk memanfaatkannya. Bengkel Teknik Amanah merupakan bengkel spare part dan modifikasi spare part motor yang sedang berkembang. Bengkel ini didirikan dan dikelola oleh Stephanus Sudianto dan istri. Bengkel ini adalah unit usaha yang bergerak di bidang penjualan dan jasa. Barang yang dijual meliputi: spare part dan aksesoris motor. Semua jenis kegiatan transaksi yang dilakukan pada bengkel tersebut masih dilakukan secara manual, seperti transaksi pembelian dari supplier dan transaksi penjualan kepada customer. Setiap dilakukan proses transaksi penjualan, maka dilakukan proses pencatatan pada buku nota sebagai bukti terjadinya transaksi terhadap customer. Selain proses transaksi, pencatatan stok barang khususnya ban juga dilakuan secara manual. Kondisi saat ini hanya ban yang dicatat, sedangkan barang lainnya belum dilakukan proses pencatatan. Jadi apabila pegawai ingin mengetahui jumlah stok barang yang ada, pegawai harus mengecek langsung di tempat penyimpanan barang. Hambatannya pekerjaan menjadi kurang efisien, sehingga terdapat waktu tunggu ketika transaksi pembelian untuk mengecek ketersediaan barang yang kebetulan tidak atau belum di display di bengkel. Hambatan lain adalah beberapa barang yang kebetulan penyimpanannya tidak mudah untuk dicek menjadi terlupakan karena tidak adanya pencatatan stok barang. Dari permasalahan pada Bengkel Teknik Amanah yang telah dijelaskan di atas, solusinya yaitu dibutuhkan sebuah aplikasi sistem informasi administrasi yang bertujuan untuk membantu mempermudah dalam mengolah data informasi administrasi yang berguna untuk bengkel ke depannya. Metode penelitian yang digunakan yaitu waterfall dan implementasi sistem ini menggubakan bahasa pemrograman PHP dan MySql Database Server.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Sistem Informasi Administras, Sistem Informasi, Web, PHP, MySQL, Administrasi, Administrative Information System, Information System, Web, PHP, MySQL, Administration | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > D3 Manajemen Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 10 Jun 2022 07:40 | ||
Last Modified: | 09 Aug 2023 06:19 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/754 |
Actions (login required)
View Item |