Lutfi, Aziz (2018) IMPLEMENTASI ALGORITMA MINIMAX PADA PEMBUATAN GAME CONNECT FOUR BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (196kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (732kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (928kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (730kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (65kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (62kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code 14.11.8213 Aziz Lutfi.zip Restricted to Repository staff only Download (49MB) |
Abstract
Pada masa kini, komputer digunakan bukan hanya untuk alat bantu hitung saja. Namun digunakan untuk membantu manusia dalam menentukan keputusan. Hal ini dikarenakan adanya teknologi kecerdasan buatan yang semakin cerdas dalam membantu permasalahan manusia. Kecerdasan buatan dimaksudkan untuk membuat komputer agar bisa berfikir layaknya manusia. Komputer diberi pengetahuan-pengetahuan tertentu sehingga bisa bekerja layaknya manusia. Kecerdasan buatan digunakan dalam penentuan keputusan baik dalam hal teknis ataupun pada industri hiburan atau lebih spesifiknya pada game. Algoritma yang paling dasar yang biasa digunakan pada game adalah algoritma minimax. algoritma ini sangat cocok digunakan pada game puzzle seperti catur, tic-tac-toe, atau connect four. Connect four memiliki jumlah cabang pada pohon kemungkinan yang sesuai dengan jumlah kolom yang dimiliki. sehingga algoritma minimax sangat memungkinkan untuk di implementasikan pada permainan ini. Connect four memiliki aturan yang serupa dengan tic-tac-toe, tetapi pohon kemungkinan yang ada pada tic-tac-toe semakin lama semakin berkurang cabangnya. Berbeda dengan connect four yang cabangnya berjumlah sama sampai pada akhir langkah.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Game, Android, Minimax, Kecerdasan Buatan, Connect Four | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 12 Sep 2022 04:04 | ||
Last Modified: | 23 Nov 2023 02:54 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/7294 |
Actions (login required)
View Item |