IMPLEMENTASI ALGORITMA MINIMAX PADA PEMBUATAN GAME CONNECT FOUR BERBASIS ANDROID

Lutfi, Aziz (2018) IMPLEMENTASI ALGORITMA MINIMAX PADA PEMBUATAN GAME CONNECT FOUR BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (196kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (732kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (928kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (730kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (65kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 14.11.8213 Aziz Lutfi.zip
Restricted to Repository staff only

Download (49MB)

Abstract

Pada masa kini, komputer digunakan bukan hanya untuk alat bantu hitung saja. Namun digunakan untuk membantu manusia dalam menentukan keputusan. Hal ini dikarenakan adanya teknologi kecerdasan buatan yang semakin cerdas dalam membantu permasalahan manusia. Kecerdasan buatan dimaksudkan untuk membuat komputer agar bisa berfikir layaknya manusia. Komputer diberi pengetahuan-pengetahuan tertentu sehingga bisa bekerja layaknya manusia. Kecerdasan buatan digunakan dalam penentuan keputusan baik dalam hal teknis ataupun pada industri hiburan atau lebih spesifiknya pada game. Algoritma yang paling dasar yang biasa digunakan pada game adalah algoritma minimax. algoritma ini sangat cocok digunakan pada game puzzle seperti catur, tic-tac-toe, atau connect four. Connect four memiliki jumlah cabang pada pohon kemungkinan yang sesuai dengan jumlah kolom yang dimiliki. sehingga algoritma minimax sangat memungkinkan untuk di implementasikan pada permainan ini. Connect four memiliki aturan yang serupa dengan tic-tac-toe, tetapi pohon kemungkinan yang ada pada tic-tac-toe semakin lama semakin berkurang cabangnya. Berbeda dengan connect four yang cabangnya berjumlah sama sampai pada akhir langkah.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
-, Krisnawati
Uncontrolled Keywords: Game, Android, Minimax, Kecerdasan Buatan, Connect Four
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 12 Sep 2022 04:04
Last Modified: 23 Nov 2023 02:54
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/7294

Actions (login required)

View Item View Item