MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN NAMA- NAMA HEWAN UNTUK SISWA TUNAGRAHITA KELAS 2 SDLB DI SLB BHAKTI KENCANA II BERBAH

Ardyanta, Wahyu (2018) MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN NAMA- NAMA HEWAN UNTUK SISWA TUNAGRAHITA KELAS 2 SDLB DI SLB BHAKTI KENCANA II BERBAH. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (272kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (736kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (61kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 10.12.4567 Wahyu Ardyanta.zip
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Anak berkebutuhan khusus dalam kategori tunagrahita adalah anak yang mengalami hambatan fungsi kecerdasan intelektual dan adaptasi tingkah laku yang terjadi pada masa perkembangannya dan juga menyebabkan kesulitan dalam tugas-tugas akademik, komunikasi maupun sosial, dan karenanya memerlukan layanan pendidikan khusus. Di SLB Bhakti Kencana II Berbah dalam pelajaran pengenalan nama-nama hewan, guru melakukan pengenalan melalui media seperti gambar, tabel dan melihat secara langsung. Pada skripsi ini, penulis melakukan metodologi penelitian pengembangan multimedia yang berdasarkan 6 tahapan yaitu:concept, design, material collacting, assembly, testing dan distribution. Pembuatan aplikasi media pembelajaran ini bertujuan sebagai pelengkap dalam pelajaran pengenalan nama-nama hewan yang berada dilingkungan sekitar untuk anak tunagrahita kelas 2 sdlb. Pada aplikasi ini terdapat beberapa macam gambar beserta nama hewan tersebut beserta kuis untuk mengukur kemampuan siswa dalam pengenalan nama-nama hewan yang sudah dipelajari. Pada hasil akhir, 5 dari 7 siswa dapat menggunakan aplikasi tersebut dan siswa merasa senang karena aplikasi cukup menarik. Dalam penggunaannya, siswa dapat sekaligus belajar membaca dan mengidentifikasi gambar.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Al Fatta, Hanif
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, Pengenalan nama-nama hewan, Anak tunagrahita
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 09 Sep 2022 03:23
Last Modified: 26 Sep 2023 04:33
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/7093

Actions (login required)

View Item View Item