PERANCANGAN DAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA TAMAN KANAK – KANAK „AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL PERUMNAS, CONDONGCATUR, DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA

Al Malany, Abdullah Khair Bin Alimudin (2018) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA TAMAN KANAK – KANAK „AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL PERUMNAS, CONDONGCATUR, DEPOK, SLEMAN, YOGYAKARTA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (244kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (67kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 14.11.8396 Abdullah Khair Bin Alimudin Al Malany.zip
Restricted to Repository staff only

Download (182MB)

Abstract

Taman Kanak - kanak Aisyiyah Bustanul Athfal, Perumnas, Condong Catur Yogyakarta dalam Rancangan Program Pembelajaran Mingguan (RPPM)nya memiliki banyak tema pembelajaran yang diajarakan disetiap harinya. Namun dalam proses pembelajaran, belumlah ada pemanfaatan teknologi berbasis multimedia. Sementara fasilitas yang dimiliki sangat memungkinkan untuk diterapkannya media pembelajaran berbasis multimedia. Pada skripsi ini peneliti mencoba untuk membuat satu media pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi multimedia dibidang animasi. Animasi merupakan salah satu teknologi multimedia yang paling sering dimanfaatkan sebagai alat bantu belajar. Penggunaan animasi sebagai alat bantu belajar (Media Pembelajaran) diyakini dapat meningkatkan kinerja siswa dalam proses belajar mengajar. Telah banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa penggunaan animasi sebagai alat bantu belajar memberikan hasil yang positif, tergantung pada tinggat pembelajaran dan siapa pelajarnya. Dalam perancangan Media Pembelajaran, peneliti menggunakan metode pengembangan Life Cycle (Heather Chandler 2008) dengan tahapan Pra Produksi yakni pembuatan konsep, perancangan karakter, pembuatan naskah dan storyboard kemudian dilanjutkan dengan tahapan Produksi yakni rekam dan editing audio, animating karakter dan background dan tahapan terakhir yaitu Pasca Produksi dengan tahapan Editing, compositing dan rendering. Media pembelajaran yang dihasilkan berbentuk video animasi 2D dengan durasi empat menit, yang ditujukan untuk menyampaikan salah satu tema pembelajaran yang terdata dalam Rancangan Program Pembelajaran Mingguan. Dengan warna dan karakter yang menarik, serta penyampaian materi yang sangat terarah media pembelajaran yang dihasilkan dirasa mampu untuk memudahkan guru dalam proses penyampaian materi pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Kurniawan, Mei P.
Uncontrolled Keywords: Multimedia, animasi, media pembelajaran, siswa, media
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 09 Sep 2022 02:01
Last Modified: 23 Nov 2023 03:02
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/7023

Actions (login required)

View Item View Item