Suryaputra, Bagus Adi (2018) IMPLEMENTASI TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA ALBUM MUSIK FISIK SEBAGAI PENUNJANG INDUSTRI MUSIK INDONESIA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (353kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (69kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (102kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code13.11.6870 Bagus Adi Suryaputra.zip Restricted to Repository staff only Download (446MB) |
Abstract
Fenomena pembajakan seakan terus menghantui dunia musik Tanah Air. Tak sedikit para musisi dan artis dirugikan dari bisnis terlarang tersebut apalagi dikalangan musisi indie yang sedang merintis karir dari awal. Ini terjadi seiring dengan maraknya penyebaran lagu ilegal via internet atau pembajakan dalam bentuk Compact Disk (CD) itu sendiri. Dari hal tersebut akhirnya para musisi pun merasa tidak dihargai. Hal ini akan memperburuk keadaan para musisi tersebut khususnya bagi para musisi indie yang merintis karir dengan keterbatasan modal yang umumnya menggunakan modal sendiri. Akibatnya dalam proses produksi, distribusi, dan promosi album lagu mereka menjadi terhambat. Tingginya tingkat pembajakan yang terjadi di Indonesia dan berbagai masalah yang ditimbulkan akibat pembajakan membuat penulis merasa perlu adanya suatu cara untuk mengatasi pembajakan yang mengakibatkan penurunan penjualan album fisik yang terjadi saat ini. Salah satu caranya adalah dengan memberikan nilai tambah pada album fisik tersebut. Untuk menambahkan nilai pada album fisik ini penulis melakukan pengembangan pada teknologi Augmented Reality yang merupakan sebuah teknologi yang dapat membawa dunia virtual masuk ke lingkungan dunia nyata. Nilai tambah yang dimaksud oleh penulis adalah merancang album fisik tersebut menjadi interaktif dengan menambahkan beberapa fitur Augmented Reality dalam album fisik tersebut seperti video opening dan link sosial media penyanyi atau grub musik yang memiliki album tersebut saat marker pada album dilacak dan dideteksi oleh kamera smartphone. Fitur selanjutnya,pada isi album terdapat marker sebagai media pemidai pemutar lagu Augmented Reality untuk memutar lagu-lagu dan memunculkan animasi saat musik diputar dan marker untuk menampilkan lirik lagu. Aplikasi ini menggunakan penerapan Augmented Reality Video Playback. Software yang digunakan untuk pembuatan aplikasi ini menggunakan Adobe Photoshop untuk membuat desain 2D termasuk marker.Untuk membuat animasi 2D dan editing Video menggunakan Adobe Premiere dan After Effect. Selanjutnya untuk perancangan aplikasi ini menggunakan Unity dan Vuforia SDK yang akan ditujukan untuk perangkat berbasis Android. Berdasarkan hasil pengujian yang langsung didemokan kepada Absent School Band selaku band indie dari Yogyakarta sekaligus sebagai obyek studi kasus dari pembuatan aplikasi ini menilai pembuatan aplikasi ini menarik,inovatif,dan interaktif sehingga dapat meningkatkan penjualan album lagu khususnya album fisik. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat membangkitkan kembali keinginan masyarakat untuk membeli album fisik khususnya album musik yang asli.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Android, augmented reality, nilai tambah, dan album musik fisik | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 07 Sep 2022 04:35 | ||
Last Modified: | 20 Nov 2023 01:39 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/6929 |
Actions (login required)
View Item |