PERANCANGAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBEJALAJARAN PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA BERBASIS ANDROID

Wijayanto, Bangun (2018) PERANCANGAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBEJALAJARAN PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (273kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (97kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 13.12.7652 Bangun Wijayanto.zip
Restricted to Repository staff only

Download (101MB)

Abstract

Augmented reality (AR) merupakan sebuah teknologi pengolahan grafik komputer yang menggabungkan dunia maya dan dunia nyata. Dengan memanfaatkan teknologi ini, seseorang mudah dalam mengekspresikan imajinasinya dalam bentuk visual yang lebih imajinatif, efisien dan menarik. Teknologi augmented reality memproyeksikan objek virtual 3D kedalam lingkungan nyata secara real-time. Teknologi ini diharapkan dapat mempermudah interaksi user dengan komputer. Implementasi augmented reality telah digunakan dalam berbagai bidang, salah satunya di bidang pendidikan sebagai sarana pembelajaran. Contohnya seperti aplikasi yang akan dibuat peneliti, yaitu sebagai media pembelajaran penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya berbasis android. Hal ini bertujan untuk media pendamping sebagai sarana pengenalan dan juga sebagai sarana pembelajaran anak mengenai hewan yang ada disekitarnya. Aplikasi augmented reality penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya ini dibuat menggunakan software unity dan 3Ds max. Untuk menampilkan output berupa tiga dimensi pada smartphone, diperlukan sebuah marker. Proses pengujian aplikasi ini terdiri dari pengujian sistem dan pengujian lapangan.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Al Fatta, Hanif
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, media pembelajaran, penggolongan hewan, multimedia
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 07 Sep 2022 03:47
Last Modified: 22 Sep 2023 07:41
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/6898

Actions (login required)

View Item View Item