-, Ainuddin (2017) PEMBUATAN KARAKTER ANIMASI DENGAN TEKNIK RIGGED ANIMATION CHARACTER MOCK UP PADA IESC YOGYAKARTA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (274kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (392kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (354kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (72kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (45kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code 13.12.7737 Ainuddin.zip Restricted to Repository staff only Download (64MB) |
Abstract
Animasi saat ini telah menjadi industri besar yang memberikan dampak ekonomi dan sosial yang begitu besar, hal tersebut merupakan dampak dari teknologi animasi yang semakin berkembang. Dibalik perkembangan teknologi animasi dan karirnya yang sangat luas, tetap saja ada beberapa permasalahan yang didapati, salah satunya yaitu waktu editing yang tidak leluasa. Seperti yang diketahui bersama bahwa dalam proses pembuatan animasi 2 dimensi dibutuhkan gambar perframe, dan proses menggambar frame by frame ini yang mengambil banyak waktu produksi. kemudian muncul sebuah pertanyaan : Bagaimana membuat karakter animasi yang dapat berganti adegan tanpa harus menggambar ulang karakternya ?. Pada skripsi ini, peneliti mencoba untuk menganalisis pokok-pokok permasalahan yang ada, dan mencoba memberikan tawaran solusi bagi pelaku animasi khususnya 2 Dimensi untuk dapat memulai sebuah cara baru dalam menggerakkan karakter tanpa harus menggambar ulang karakter tersebut. Dengan teknik ini diharapkan dapat membantu editor film dalam menciptakan karakter menggunakan software yang telah dikuasai sebelumnya dan tanpa harus menggambar frame by frame karakter yang diciptakan. Output yang dihasilkan dari penelitian ini berupa sebuah video animasi yang karakternya digerakkan menggunakan teknik yang diteliti oleh penulis, yaitu Teknik Rigmo – Rigged Animation Character Mock Up. Video yang dihasilkan dari penelitian ini merupakan mock up atau prototype dari satu gambar karakter yang digerakkan tanpa harus menggambar ulang karakter tersebut, yang ditujukan untuk memberikan gambaran kepada para pelaku animasi 2 Dimensi atau yang baru menekuninya bagaimana sebenarnya proses menggerakkan karakter dan seberapa pahamkah responden yang melihat video tersebut terhadap ekspresi wajah atau perilaku tubuh yang ditunjukkan oleh karakter itu.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | pembuatan, karakter, teknik, rigmo – rigged animation character, mock up, prototype, after effect, dan animasi | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 05 Sep 2022 06:14 | ||
Last Modified: | 03 Oct 2023 03:29 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/6805 |
Actions (login required)
View Item |