PEMBUATAN FILM ANIMASI 2D “UNKNOWN NIGHTMARE” DENGAN TEKNIK FRAME BY FRAME

Rivaldi, Alfian Nur (2022) PEMBUATAN FILM ANIMASI 2D “UNKNOWN NIGHTMARE” DENGAN TEKNIK FRAME BY FRAME. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (641kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (266kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (786kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (68kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (745kB)
[img] Other (SOURCE CODE)
Source Code 16.12.9191 Alfian Nur Rivaldi.rar
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi 16.12.9191 Alfian Nur Rivaldi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (653kB)

Abstract

Animasi 2D memiliki sebuah keunggulan dalam memvisualkan sebuah gerakan secara ekspresif. Salah satu unsur kelebihan yang dimiliki animasi adalah mampu mewujudkan/menciptakan sebuah hal yang bersifat ilusi/imajinatif menjadi hidup atau nyata. Dalam penelitian ini penulis membuat animasi yang bercerita tentang seorang anak laki-laki yang mengalami kejadian mimpi buruk. Di dalam cerita tersebut terdapat banyak adegan aksi yang membutuhkan visualisasi karakter. Untuk itu penulis memilih menggunakan teknik frame by frame untuk memvisualisasikan gerakan pada animasi. Tujuan penyusuan penelitian ini antara lain membuat animasi pendek 2D “Unknown Nightmare” dengan teknik frame by frame, menyampaikan cerita tentang ilustrasi sebuah kejadian mimpi buruk, Menguji pengaruh teknik frame by frame dalam menceritakan film animasi Unknown Nightmare. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian kuantitatif. Metode penelitian kuantitatif adalah metode yang bersifat matematis dengan tujuan mengembangkan melalui perhitungan ilmiah berasal dari sampel orang-orang, berupa pertanyaan mengenai survey untuk menentukan frekuensi dan persentase tanggapan mengenai perancangan dan pembuatan film animasi 2D. Penelitian ini menghasilkan video animasi 2D “Unknown Nightmare” yang berdurasi 03.58 menit dengan format .mp4 dan ukuran HD 1280x720. Dalam pembuatan film animasi ini menggunakan software Adobe Animate CC 2017, Adobe Premiere CS6.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nugraha, Bhanu Sri
Uncontrolled Keywords: Animasi 2D, frame by frame, imajinatif
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 02 Sep 2022 03:54
Last Modified: 03 Aug 2023 06:48
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/6593

Actions (login required)

View Item View Item