PEMBUATAN FILM 3D ANIMASI “BLOBBY” MENGGUNAKAN SOFTWARE BLENDER

Azura, Nurul Iza (2022) PEMBUATAN FILM 3D ANIMASI “BLOBBY” MENGGUNAKAN SOFTWARE BLENDER. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (672kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (202kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (987kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (959kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (69kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 18.60.0035 Nurul Iza Azura.zip
Restricted to Repository staff only

Download (86MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi 18.60.0035 Nurul Iza Azura.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (605kB)

Abstract

Film animasi 3D berdurasi pender berjudul “Blobby” merupakan animasi yang dibuat menggunakan software Blender. Animasi ini menggunakan teknik frame by frame. Tujuan dari penelitian ini adalah meneliti lebih dalam serta mengimplementasikan teknik frame by frame menggunakan keymesh dan sculpting pada karakternya agar dapat terlihat seperti animasi stop motion namun dengan pembuatan secara digital. Manfaat dari penelitian ini adalah diharapkan penelitian ini dapat menjadi landasan teori atau referensi untuk penelitian lain yang serupa. Metode yang digunakan untuk pembuatan penelitian ini adalah pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan referensi, analisis yang meliputi kebutuhan fungsional dan non fungsional. Perancangan yang meliputi pra produksi, produksi, dan paska produksi, serta testing yang dilakukan dengan metode alpha testing dan kuesioner. Berdasarkan hasil dari alpha testing bahwasanya kebutuhan fungsional pada video animasi 3D “Blobby” sudah terpenuhi. Berdasarkan hasil perhitungan kuesioner tentang faktor tampilan video terpenuhi dengan indeks katagori “Sangat Baik”. Saran untuk penelitian ini dapat memperhalus gerakan karakter dan lebih menerapkan prinsip-prinsip animasi.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Purwanto, Agus
Uncontrolled Keywords: Keymesh, Frame by Frame, Sculpting
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 02 Sep 2022 03:54
Last Modified: 03 Aug 2023 02:51
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/6587

Actions (login required)

View Item View Item