PENERAPAN ALGORITMA A* DALAM NPC PADA GAME SOLDIER OF FORTUNE

Akbar, Fikran (2022) PENERAPAN ALGORITMA A* DALAM NPC PADA GAME SOLDIER OF FORTUNE. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (573kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (162kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (43kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[img] Text (SOURCE CODE)
Source Code 18.60.0038 Fikran Akbar Link Project Soldier Of Fortune - Fikran Akbar.txt
Restricted to Repository staff only

Download (55B)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi 18.60.0038 Fikran Akbar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)

Abstract

Video game adalah permainan digital yang dapat dimainkan dengan aturan sehingga ada yang menang dan kalah, biasanya dalam konteks tidak serius atau dengan tujuan refreshing. Video game dikelompokkan berdasarkan genre dari game tersebut. Soldier Of Fortune merupakan game dengan genre horror, puzzle, dan dungeon stepcrawler yang berceritakan tentang seorang prajurit yang hendak keluar dari dungeon yang penuh sihir dan monster yang berbahaya. Pada game ini, player akan bermain melawan Non Playable Character (NPC). NPC merupakan karakter dalam game yang tidak dikendalikan oleh player dan bisa mengimplementasikan algoritma AI agar bisa berinteraksi dengan sendirinya di dalam game. NPC yang berupa monster pada game Soldier Of Fortune menerapkan algoritma A-Star (A*) untuk menentukan rute terpendek menuju player. Algoritma A* merupakan salah satu algoritma yang dapat digunakan untuk menentukan total minimum biaya lintasan dan juga saat kondisi yang tepat dapat memberikan solusi yang optimal. Cara kerja dari algoritma ini hamper saam dengan algoritma Best First Search, akan tetapi dimodifikasi dengan fungsi heuristik. Hasil dari penelitian ini adalah dapat membuktikan bahwa dengan menggunakan algoritma A*, NPC pada game Soldier Of Fortune dapat menemukan rute terpendek menuju posisi player.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Setiaji, Bayu
Uncontrolled Keywords: a-star, algorithm, video game, pathfinding, npc
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 02 Sep 2022 03:32
Last Modified: 03 Aug 2023 02:22
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/6565

Actions (login required)

View Item View Item