Akbar, Fikran (2022) PENERAPAN ALGORITMA A* DALAM NPC PADA GAME SOLDIER OF FORTUNE. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (573kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (162kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (620kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (681kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (492kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (43kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (98kB) |
|
Text (SOURCE CODE)
Source Code 18.60.0038 Fikran Akbar Link Project Soldier Of Fortune - Fikran Akbar.txt Restricted to Repository staff only Download (55B) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi 18.60.0038 Fikran Akbar.pdf Restricted to Repository staff only Download (497kB) |
Abstract
Video game adalah permainan digital yang dapat dimainkan dengan aturan sehingga ada yang menang dan kalah, biasanya dalam konteks tidak serius atau dengan tujuan refreshing. Video game dikelompokkan berdasarkan genre dari game tersebut. Soldier Of Fortune merupakan game dengan genre horror, puzzle, dan dungeon stepcrawler yang berceritakan tentang seorang prajurit yang hendak keluar dari dungeon yang penuh sihir dan monster yang berbahaya. Pada game ini, player akan bermain melawan Non Playable Character (NPC). NPC merupakan karakter dalam game yang tidak dikendalikan oleh player dan bisa mengimplementasikan algoritma AI agar bisa berinteraksi dengan sendirinya di dalam game. NPC yang berupa monster pada game Soldier Of Fortune menerapkan algoritma A-Star (A*) untuk menentukan rute terpendek menuju player. Algoritma A* merupakan salah satu algoritma yang dapat digunakan untuk menentukan total minimum biaya lintasan dan juga saat kondisi yang tepat dapat memberikan solusi yang optimal. Cara kerja dari algoritma ini hamper saam dengan algoritma Best First Search, akan tetapi dimodifikasi dengan fungsi heuristik. Hasil dari penelitian ini adalah dapat membuktikan bahwa dengan menggunakan algoritma A*, NPC pada game Soldier Of Fortune dapat menemukan rute terpendek menuju posisi player.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | a-star, algorithm, video game, pathfinding, npc | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 02 Sep 2022 03:32 | ||
Last Modified: | 03 Aug 2023 02:22 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/6565 |
Actions (login required)
View Item |