PEMBUATAN PRODUK SUTASOMA MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY DENGAN MEMVISUALISASIKAN BUDAYA DALAM KOMPETISI APICTA 2021

Aristi, Desti (2022) PEMBUATAN PRODUK SUTASOMA MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY DENGAN MEMVISUALISASIKAN BUDAYA DALAM KOMPETISI APICTA 2021. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (993kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (240kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (588kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (62kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 18.82.0249 Desti Aristi.zip
Restricted to Repository staff only

Download (45MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi 18.82.0249 Desti Aristi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (763kB)

Abstract

AR Augmented Reality, adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi. Teknologi Augmented Reality ini dapat menyisipkan suatu informasi tertentu ke dalam dunia maya dan menampilkannya di dunia nyata dengan bantuan perlengkapan seperti webcam, komputer, HP Android, maupun kacamata khusus. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan sebuah produk Game Sutasoma Game Sutasoma dilengkapi dengan Augmented Reality, dan Video Animasi yang menarik. Pengembangan produk Sutasoma bertujuan mengenalkan dan mempelajari budaya-budaya yang berada di Indonesia sekaligus menginformasikan mengenai sejarah taman wisata candi. Pada Augmented Reality dilengkapi dengan informasi candi dan Video animasi pada game Sutasoma. Game nyata sangat membantu dalam pertumbuhan dan perkembangan pola pikir anak, meningkatkan interaksi, memberikan edukasi, mengajak pemain berpikir kritis, memiliki banyak pilihan tema pendidikan dan ditambah dengan pembelajaran digital Augmented Reality agar disukai banyak anak. Dengan ini produk game Sutasoma mengikuti kompetisi Apicta The Asia Pacific ICT Alliance Awards 2021 yang berfokus pada Consumer Tourism dan Hospitality dengan tujuan memperkenalkan budaya Indonesia kearah internasional dan mengharumkan nama kampus Universitas Amikom Yogyakarta Economy Park. Tim dari Universitas Amikom Yogyakarta menjadi nominasi Apicta 2021 dan mampu melakukan wawancara bersama juri-juri dari berbagai Negara

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Purwanto, Agus
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Budaya, Animasi, Boardgame, Apicta
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 02 Sep 2022 03:22
Last Modified: 03 Aug 2023 02:31
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/6552

Actions (login required)

View Item View Item