Krisna, Naufal Anggara Krisna (2022) PEMBUATAN MODELING 3D PROSES METAMORFOSIS SERANGGA UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN SISWA SD. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (872kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (395kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (257kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (40kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) |
|
Other (SOURCE CODE)
Source Code 17.82.0132 Naufal Anggara Krisna.rar Restricted to Repository staff only Download (115MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi 17.82.0132 Naufal Anggara Krisna.pdf Restricted to Repository staff only Download (309kB) |
Abstract
Modeling 3D merupakan proses pengembangan suatu benda menggunakan grafik komputer 3D untuk menciptakan objek 3D yang ingin dituangkan dalam bentuk visual. Modeling 3D yang sudah dibuat objek mempunyai bentuk, volume, dan ruang. Sehingga objek 3D ini memiliki koordinat X, Y, dan Z. Modeling 3D bisa digunakan dalam berbagai media salah satunya adalah pembelajaran. Polygonal Modeling disebut juga dengan sculpting (memahat), ini lantaran hasil pemodelan menggunakan teknik ini menyerupai hasil pahatan. Metode teknik ini sederhana, mudah dipelajari dan relatif cepat dalam membuat sebuah model, teknik ini banyak digunakan modeller karena tak membutuhkan resource komputer yang besar. Penggunaan teknik ini dimulai dari memilih bentuk pada standar geometri kemudian dikonversi menjadi editable mesh atau editable poly agar bentuk dasarnya bisa diedit. Kemudian bentuk dasar tadi disesuaikan dengan model yang diinginkan dengan melakukan editing pada vertex, edge, face, poly, border, atau elemen. Teknik dapat digunakan untuk membuat model dengan bentuk komplek dalam waktu yang relatif cepat. Salah satu bidang yang mulai menggunakan 3D adalah bidang pendidikan. Proses metamorfosis serangga merupakan salah satu materi mata pelajaran IPA untuk anak SD yang cukup rumit diajarkan dikarenakan banyaknya istilah yang sulit dan juga banyaknya step proses metamorfosis itu sendiri. Sementara itu, penelitian membuktikan bahwa siswa lebih mudah memahami dan tertarik apabila proses belajar menggunakan video berbasis 3D dibandingkan dengan penggunaan media visual 2D. Dengan merancang media pembelajaran yang menarik, tidak membosankan, dan mudah dipahami yaitu dengan animasi 3D, diharapkan bisa membantu siswa memahami materi proses metamorfosis serangga serta memudahkan proses belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Modeling 3D, Pembelajaran, Proses metamorfosis serangga | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 01 Sep 2022 08:13 | ||
Last Modified: | 03 Aug 2023 02:09 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/6433 |
Actions (login required)
View Item |