PEMBUATAN AUGMENTED REALITY PENGENALAN HURUF ABJAD PADA TK ABA AL-IMAN GENDENG

-, Lizakamaliyah (2017) PEMBUATAN AUGMENTED REALITY PENGENALAN HURUF ABJAD PADA TK ABA AL-IMAN GENDENG. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (253kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (876kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (64kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 14.11.8279 Lizakamaliyah.zip
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin pesat memberikan berbagai kemudahan pada semua bidang, termasuk pada bidang pendidikan. Teknologi memberikan kemudahan pengaksesan informasi mengenai pendidikan hingga memberikan kemudahan dalam proses belajar mengajar. Salah satu kemudahan dalam proses belajar mengajar adalah dengan menggunakan teknologi augmented reality dalam penyajian materinya. Augmented reality adalah salah satu teknologi baru yang saat ini sedang marak dikembangkan. Augmented reality merupakan teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Taman kanak-kanak merupakan salah satu tempat belajar dan bermain untuk anak. Seperti TK ABA Al-Iman Gendeng, yang menjadi pilihan banyak orang tua untuk menyekolahkan anaknya yang masih berusia 4-5 tahun. Pada TK ABA Al-Iman Gendeng mengajarkan banyak pelajaran, salah satunya adalah pengenalan huruf abjad untuk persiapan anak sebelum membaca. Sehingga teknologi augmented reality sangat pas jika diterapkan pada materi tersebut. Menggunakan teknologi augmented reality anak tidak hanya melihat materi pengenalan abjad dari gambar 2 dimensi saja, tapi mereka bisa meihat dengan visual yang lebih menarik yaitu 3 dimensi.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nugraha, Bhanu Sri
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, 3D, 3D Abjad
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 30 Aug 2022 02:43
Last Modified: 07 Nov 2023 07:48
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/6109

Actions (login required)

View Item View Item