MEDIA EDUKASI DENGAN AUGMENTED REALITY MENYUSUN KATA DALAM BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK KELAS 3 DI SEKOLAH DASAR SOKOWATEN BARU BANTUL

Noor, Muhammad Fajrian (2017) MEDIA EDUKASI DENGAN AUGMENTED REALITY MENYUSUN KATA DALAM BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK KELAS 3 DI SEKOLAH DASAR SOKOWATEN BARU BANTUL. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (967kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (332kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (96kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 14.61.0023 Muhammad Fajrian Noor.zip
Restricted to Repository staff only

Download (177MB)

Abstract

Di era perkembangan teknologi informasi pada saat ini, banyak teknologi informasi yang dapat di manfaatkan untuk media edukasi salah satunya adalah teknologi Augmented Reality(AR). Teknologi Augmented Reality(AR) adalah sebuah teknik yang menggabungkan benda maya dua dimensi maupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkup nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Dari segi strategis, pemanfaatan teknologi Augmented Reality sangat bermanfaat dalam meningkatkan proses belajar mengajar karena teknologi Augmented Reality memiliki aspek-aspek hiburan yang dapat meningkatkan minat peserta didik untuk dapat menghafalkan kosa kata bahasa inggris karena melalui representasi visual 3D dengan melibatkan interaksi user dalam media edukasi dengan Augmented Reality. Dalam prosesnya anak Sekolah dasar kelas 3 di Sekolah Dasar Sokowaten Baru menyusun sebuah kata dalam bahasa inggris tentang perabot rumah tangga dan peralatan sekolah, dimana ketika proses scan sebuah marker kata yang di susun itu benar maka objek 3 dimensi perabot rumah tangga akan muncul di dunia nyata. Dari hasil penelitian di atas diperoleh kesimpulan aplikasi media edukasi dengan menggunakan teknologi Augmented Reality ini, siswa seolah-olah dihadapkan pada objek perabot rumah tangga dan peralatan sekolah secara nyata sehingga proses belajar mengajar lebih menyenangkan dan dapat membuat anak lebih mudah dalam menghafalkan kosa kata bahasa inggris tentang perabot rumah tangga dan peralatan sekolah.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Al Fatta, Hanif
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Kosa Kata Bahasa Inggris, Media Edukasi
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 29 Aug 2022 06:51
Last Modified: 07 Nov 2023 08:17
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/6001

Actions (login required)

View Item View Item