VISUALISASI PERGERAKAN KAWANAN BURUNG DENGAN ALGORITMA BOIDS MENGGUNAKAN GAME ENGINE UNITY

Suropaty, Muh. Fauzzi Ramadhany (2022) VISUALISASI PERGERAKAN KAWANAN BURUNG DENGAN ALGORITMA BOIDS MENGGUNAKAN GAME ENGINE UNITY. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (530kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (171kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (38kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 18.11.1971 Muh. Fauzzi Ramadhany Suropaty.zip
Restricted to Repository staff only

Download (167MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi 18.11.1971 Muh. Fauzzi Ramadhany Suropaty.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (626kB)

Abstract

Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan semakin gencar di buat untuk berbagai macam kebutuhan manusia, video game dan film pun terkena dampak ini dimana studio game berlomba membuat game yang semakin realistis untuk mendapatkan efek imersif dan studio animasi film pun berlomba membuat animasi yang semakin realistis dan natural yang dapat dinikmati banyak kalangan. Salah satu contohnya yaitu membuat pergerakan sebuah gerombolan atau kawanan, yang jika dilakukan secara manual akan sangat memakan waktu dan tidak efisien, Salah satu algoritma yang dapat membantu masalah ini yaitu algoritma boids. Algoritma boids adalah algoritma yang dikembangkan oleh Craig W. Reynolds untuk mengsimulasikan pergerakan kawanan burung, boid adalah kepanjangan dari bird-oid object atau objek yang seperti burung, algoritma ini memiliki aturan dasar yaitu pemisahan (separation), penjajaran (alignment), dan Kohesi (Cohesion). aturan yang lebih rumit juga dapat ditambahkan seperti menghindari halangan atau mengejar tujuan, Algoritma kawanan ini sangat berguna sebagai simulasi pergerakan banyak objek secara bersamaan karena dapat memperlihatkan pergerakan yang cukup realistis, baik kawanan burung, ikan, dan lain sebagainya. algoritma ini dapat diterapkan di berbagai media seperti animasi atau film, game, dan program sederhana. Sudah banyak animasi dan game yang menggunakan algoritma ini seperti Batman Returns (1992) dan pada game Half-Life (1998). Visualisasi pergerakan burung pada studi ini akan menggunakan game engine yaitu Unity yang cukup ramai digunakan untuk berbagai macam kebutuhan, seperti game, simulasi, animasi dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Setiaji, Bayu
Uncontrolled Keywords: Algoritma Boids, Visualisasi Pergerakan, Simulasi, Unity
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 16 Aug 2022 08:26
Last Modified: 05 Aug 2023 01:39
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/5874

Actions (login required)

View Item View Item