Hendriyati, Ajeng (2022) IMPLEMENTASI METODE GROUND TRACKING ARCORE UNTUK OBJEK 3D DI RUANGAN NYATA PADA AUGMENTED REALITY. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (258kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (896kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (619kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (70kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (301kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code 20.22.2406 Ajeng Hendriyati.zip Restricted to Repository staff only Download (310MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi 20.22.2406 Ajeng Hendriyati.pdf Restricted to Repository staff only Download (452kB) |
Abstract
Augmented Reality (AR) dikenal sebagai teknologi interaktif yang mampu memproyeksikan objek maya ke dalam objek nyata secara real time. Perkembangan teknologi AR dewasa ini telah memberikan banyak kontribusi ke dalam berbagai bidang. Salah satunya implementasi AR dibidang edukasi, hiburan, dan media penembangan yaitu Implementasi AR 3D Metode Ground Tracking di Ruangan Nyata Pada Augmented Reality. Aplikasi AR yang diujicoba dalam penelitian ini yaitu AR Mobile. Pengujian dilakukan dengan melakukan studi aplikasi dan studi pengguna. Pengguna diminta untuk menggunakan beberapa aplikasi AR yang disediakan. Kemudian reaksi pengguna diamati untuk menentukan kebutuhan pengguna. Beberapa pertimbangan dihasilkan dari penelitian ini. Metode yang digunakan Tracking yang banyak dinilai oleh pengguna sangat baik dan mudah dipahami. Aplikasi AR Mobile Android ini lebih tepat digunakan untuk menampilkan sebuah 3D futniture diruangan nyata yang digunakan untuk mengetahui tataletak, ukuran, dan posisi futniture yang diinginkan. Sedangkan keunggulan aplikasi AR Mobile ini mempunyai keunggulan karena sifatnya yang mudah dioperasikan, berinteraksi dengan objek virtual secara langsung. Kelemahanya kurang menyeluruh. Penelitian ini juga membahas studi lain mengenai pengaruh pencahayaan dirungan, tataletak, ukuran, dan kesan pengguna pada saat menggunakan aplikasi Ar.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Furniture, Studi Pengguna, Pengembang. | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 16 Aug 2022 03:11 | ||
Last Modified: | 05 Aug 2023 01:32 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/5804 |
Actions (login required)
View Item |