IMPLEMENTASI METODE GROUND TRACKING ARCORE UNTUK OBJEK 3D DI RUANGAN NYATA PADA AUGMENTED REALITY

Hendriyati, Ajeng (2022) IMPLEMENTASI METODE GROUND TRACKING ARCORE UNTUK OBJEK 3D DI RUANGAN NYATA PADA AUGMENTED REALITY. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (258kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (896kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (70kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 20.22.2406 Ajeng Hendriyati.zip
Restricted to Repository staff only

Download (310MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi 20.22.2406 Ajeng Hendriyati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB)

Abstract

Augmented Reality (AR) dikenal sebagai teknologi interaktif yang mampu memproyeksikan objek maya ke dalam objek nyata secara real time. Perkembangan teknologi AR dewasa ini telah memberikan banyak kontribusi ke dalam berbagai bidang. Salah satunya implementasi AR dibidang edukasi, hiburan, dan media penembangan yaitu Implementasi AR 3D Metode Ground Tracking di Ruangan Nyata Pada Augmented Reality. Aplikasi AR yang diujicoba dalam penelitian ini yaitu AR Mobile. Pengujian dilakukan dengan melakukan studi aplikasi dan studi pengguna. Pengguna diminta untuk menggunakan beberapa aplikasi AR yang disediakan. Kemudian reaksi pengguna diamati untuk menentukan kebutuhan pengguna. Beberapa pertimbangan dihasilkan dari penelitian ini. Metode yang digunakan Tracking yang banyak dinilai oleh pengguna sangat baik dan mudah dipahami. Aplikasi AR Mobile Android ini lebih tepat digunakan untuk menampilkan sebuah 3D futniture diruangan nyata yang digunakan untuk mengetahui tataletak, ukuran, dan posisi futniture yang diinginkan. Sedangkan keunggulan aplikasi AR Mobile ini mempunyai keunggulan karena sifatnya yang mudah dioperasikan, berinteraksi dengan objek virtual secara langsung. Kelemahanya kurang menyeluruh. Penelitian ini juga membahas studi lain mengenai pengaruh pencahayaan dirungan, tataletak, ukuran, dan kesan pengguna pada saat menggunakan aplikasi Ar.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Satria, Dhimas Adi
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Furniture, Studi Pengguna, Pengembang.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 16 Aug 2022 03:11
Last Modified: 05 Aug 2023 01:32
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/5804

Actions (login required)

View Item View Item