ANALISIS DAN PERANCANGAN GAME EDUKASI PENGENALAN NADA ANGKLUNG PADA ANAK USIA DINI

Yudhistira, Adita (2018) ANALISIS DAN PERANCANGAN GAME EDUKASI PENGENALAN NADA ANGKLUNG PADA ANAK USIA DINI. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (806kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (310kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (667kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (64kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
SOURCE CODE_16.22.1909 Adita Yudhistira.zip
Restricted to Repository staff only

Download (45MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Naskah Publikasi_16.22.1909 Adita Yudhistira.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (766kB)

Abstract

Perkembangan dunia digital game terus berkembang pesat. Berbagai genre muncul sesuai dengan kebutuhan pasar, termasuk di dalamnya, educational game. Permainan dengan mengusung tema edukasi menyediakan konten interaktif dan kolaboratif untuk keperluan pembelajaran. Sekarang ini game tidak hanya dapat dimainkan di Personal Computer (PC), namun dapat juga dimainkan di gadget / smartphone. Menurut survei sebuah perusahaan market research, NPD, pada tahun 2009 hanya delapan persen anak-anak yang memainkan game di smartphone, namun pada tahun 2011 telah meningkatkan menjadi 38 persen. Sehingga dapat dilihat bahwa anak-anak secara perlahan mulai meninggalkan game PC dan beralih ke mobile game. Hal itu telah membuktikan terjadinya pergeseran dari game tradisional menjadi game elektronik. Angklung merupakan alat musik tradisional asli Indonesia, yang telah di akui UNESCO menjadi warisan budaya dunia. Alat music angklung hanya dilestarikan di beberapa wilayah di Indonesia. Dengan permasalahan diatas maka peneliti bertujuan untuk merancang dan menciptakan aplikasi game belajar sambil bermain. Pembuatan game edukasi menggunakan beberapa metode, yaitu metode pengumpulan data dan metode pengembangan GDLC. Untuk membangun sebuah game, sebaiknya terlebih dahulu mengetahui langkah – langkah membuat game serta tujuan dibuatnya game tersebut karena hal itu akan sangat membantu dalam membangun game. Dalam membangun game sebaiknya membentuk sebuah team karena dalam game terdapat bagian – bagian yang harus dikerjakan dengan keahlian tertentu seperti Programmer, Artist serta Sound Engineering.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Arief, M. Rudyanto
Uncontrolled Keywords: angklung, game angklung, dgbl, game edukasi
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 12 Aug 2022 03:48
Last Modified: 12 Sep 2023 06:53
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/5668

Actions (login required)

View Item View Item