PEMBUATAN ANIMASI 3D "LIBURAN" DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PARENTING DAN CONSTRAINT PADA CONTROLLER DALAM PROSES RIGGING

Sirumapea, Yoshua Benyamin (2017) PEMBUATAN ANIMASI 3D "LIBURAN" DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PARENTING DAN CONSTRAINT PADA CONTROLLER DALAM PROSES RIGGING. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (694kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (196kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (500kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (55kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code_10.12.4670 Yoshua Benyamin Sirumapea.zip
Restricted to Repository staff only

Download (85MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi_10.12.4670 Yoshua Benyamin Sirumapea.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)

Abstract

Animasi 3D sudah menjadi hal yang umum sebagai sebuah film. Animasi juga merupakan media hiburan yang sangat menarik untuk semua kalangan. Animasi 3D semakin berkembang dari waktu ke waktu dalam berbagai media karena daya tariknya yang khas dengan gaya animasinya yang berbeda-beda. Untuk mendapatkan hasil rigging yang sesuai kebutuhan dan dalam waktu yang tidak terlalu lama, banyak tahapan-tahapan yang bisa dilalui, diantaranya membuat joint dan kontroler untuk menggerakkan joint yang telah dibuat. Untuk mendapatkan rigging yang mudah dioperasikan maka harus dilakukan suatu koneksi antara joint-joint dengan kontroler untuk menggerakkan joint tersebut. Parenting dan constraint adalah koneksi yang tepat untuk diaplikasikan terhadap joint dan kontroler untuk rigging. Parenting dan constraint merupakan pemberian koneksi terhadap translate, scale, maupun rotate value antara kontroler dengan rigging. Dalam pemberian koneksi parent dan constraint yang baik, maka akan mempermudah animator dalam menggerakkan karakter animasi.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Ariatmanto, Dhani
Uncontrolled Keywords: Multimedia, Animasi, Rigging, 3D, Kontroler, Joint, Koneksi Parenting dan Constraint, Autodesk Maya
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 09 Aug 2022 06:41
Last Modified: 13 Sep 2023 04:42
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/5453

Actions (login required)

View Item View Item