RANCANG BANGUN GAME SIBOJO BERBASIS ANDROID

Saputri, Rat Vio Rizma Happy (2019) RANCANG BANGUN GAME SIBOJO BERBASIS ANDROID. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (294kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (725kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (842kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (988kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (58kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code_16.12.9552 Rat Vio Rizma Happy Saputri.zip
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi_16.12.9552 Rat Vio Rizma Happy Saputri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (671kB)

Abstract

Aplikasi permainan (game) saat ini telah sangat berkembang. Banyak developer game yang telah mengembangakan game di berbagai platform, mulai dari game berbasis komputer hingga merambah ke perangkat mobile smartphone. Tujuan pembuatan gamepun bermacam-macam, mulai dari murni untuk hiburan semata hingga sampai untuk keperluan pembelajaran Aksara Jawa, dikenal juga sebagai Hanacaraka dan Carakan, adalah salah satu aksara tradisional Nusantara yang digunakan untuk menulis bahasa Jawa. Dalam sehari-hari, penggunaan aksara Jawa umum digantikan dengan huruf Latin yang pertama kali dikenalkan Belanda pada abad ke-19. Karena telah terbiasa menggunakan huruf latin maka masyarakat lebih cenderung kurang memperhatikan dan kurang tertarik dengan aksara yang berbentuk terbilang rumit. Mengenal dan mempelajari aksara jawa merupakan hal penting karena itu bagian dari warisan nusantara. Game Sibojo adalah game bergenre arcade berbasis android yang mengangkat materi dari pengenalan dan pembelajaran aksara jawa. Game dikemas dalam 3 level yang berbentuk kuis. Setiap level, pemain diharuskan untuk memecahkan soal yang bertema aksara jawa carakan, wilangan, dan tebak kata dimana setiap soalnya akan diberi waktu selama 10 detik. Game ini bertujuan sebagai sarana pendukung untuk mengenal dan mempelajari aksara jawa. Game akan dibangun menggunakan software Game Maker Studio versi 1.2 dan dikembangkan dengan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) menurut teori Soetopo.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Hartanto, Anggit Dwi
Uncontrolled Keywords: Games, Aksara Jawa, MDLC
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 04 Aug 2022 07:54
Last Modified: 11 Sep 2023 06:24
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/5045

Actions (login required)

View Item View Item