ANALISA PERFORMA TEKNIK FRAME BY FRAME DAN TEKNIK CUT OUT PADA GERAKAN ANIMASI 2D

Pratama, Rakha Putra (2019) ANALISA PERFORMA TEKNIK FRAME BY FRAME DAN TEKNIK CUT OUT PADA GERAKAN ANIMASI 2D. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (422kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (944kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (958kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (71kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code_15.12.8494 Rakha Putra Pratama.zip
Restricted to Repository staff only

Download (28MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi_15.12.8494 Rakha Putra Pratama.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (791kB)

Abstract

Berdasarkan catatan sejarah, sejak jaman dahulu manusia telah mencoba menganimasi gerakan binatang. Pada era modern animasi menjadi salah satu hiburan untuk anak-anak dan dewasa. Berbagai macam model, jenis dan teknik dalam pembuatan animasi 2D saat ini di tawarkan dengan maksud dan tujuan. Menurut meta meidiana ada 5 (lima) animasi yang sering di jumpai yaitu : Tradisional Animation / Cel Animation, 2D Animation, 3D Animation, Stop Motion dan Motion Graphic. Dalam proses pembuatan animasi dilakukan dengan beberapa tahapan pra-produksi, produksi hingga pasca produksi. Dengan adanya 5 animasi yang sering di jumpai tersebut peneliti melakukan survei terhadap animator senior dan junior di universitas amikom yogyakarta dengan menggunakan kuesioner, didapat bahwa 78,9% animator menggunakan teknik frame by frame dan 21,6% animator menggunakan teknik cut out atau rigging lalu sisanya menggunakan teknik pose to pose. Penulis melakukan penelitian intik mengetahui performa teknik frame by frame dan teknik cut out dalam gerakan animasi 2D bertujuan untuk mengetahui teknik manahkah yang menghasilkan render process yang cepat, ukuran file yang kecil dan seberapa jauh dan komplek dalam penerapan-penerapan prinsip-prinsip animasi. Hasil analisa ditemukan bahwa teknik cut out mampu menghasilkan render process lebih unggul daripada teknik frame by frame dan ukuran file teknik cut out lebih kecil dibandingkan dengan teknik frame by frame. Pada uji coba gerakan setiap teknik memiliki keunggulan dan kelemahannya masingmasing.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Puspitasari, Nila Feby
Uncontrolled Keywords: Animasi 2d, frame by frame, cut out, prinsip animasi, dan MDLC.
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 04 Aug 2022 06:30
Last Modified: 12 Sep 2023 02:32
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/4993

Actions (login required)

View Item View Item