Pratama, Rakha Putra (2019) ANALISA PERFORMA TEKNIK FRAME BY FRAME DAN TEKNIK CUT OUT PADA GERAKAN ANIMASI 2D. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (422kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (944kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (499kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (958kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (71kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code_15.12.8494 Rakha Putra Pratama.zip Restricted to Repository staff only Download (28MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi_15.12.8494 Rakha Putra Pratama.pdf Restricted to Repository staff only Download (791kB) |
Abstract
Berdasarkan catatan sejarah, sejak jaman dahulu manusia telah mencoba menganimasi gerakan binatang. Pada era modern animasi menjadi salah satu hiburan untuk anak-anak dan dewasa. Berbagai macam model, jenis dan teknik dalam pembuatan animasi 2D saat ini di tawarkan dengan maksud dan tujuan. Menurut meta meidiana ada 5 (lima) animasi yang sering di jumpai yaitu : Tradisional Animation / Cel Animation, 2D Animation, 3D Animation, Stop Motion dan Motion Graphic. Dalam proses pembuatan animasi dilakukan dengan beberapa tahapan pra-produksi, produksi hingga pasca produksi. Dengan adanya 5 animasi yang sering di jumpai tersebut peneliti melakukan survei terhadap animator senior dan junior di universitas amikom yogyakarta dengan menggunakan kuesioner, didapat bahwa 78,9% animator menggunakan teknik frame by frame dan 21,6% animator menggunakan teknik cut out atau rigging lalu sisanya menggunakan teknik pose to pose. Penulis melakukan penelitian intik mengetahui performa teknik frame by frame dan teknik cut out dalam gerakan animasi 2D bertujuan untuk mengetahui teknik manahkah yang menghasilkan render process yang cepat, ukuran file yang kecil dan seberapa jauh dan komplek dalam penerapan-penerapan prinsip-prinsip animasi. Hasil analisa ditemukan bahwa teknik cut out mampu menghasilkan render process lebih unggul daripada teknik frame by frame dan ukuran file teknik cut out lebih kecil dibandingkan dengan teknik frame by frame. Pada uji coba gerakan setiap teknik memiliki keunggulan dan kelemahannya masingmasing.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Animasi 2d, frame by frame, cut out, prinsip animasi, dan MDLC. | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 04 Aug 2022 06:30 | ||
Last Modified: | 12 Sep 2023 02:32 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/4993 |
Actions (login required)
View Item |