MEMBANGUN GAME “NINE MEN'S MORRIS” DENGAN KECERDASAN BUATAN

Santoso, Kevin Alan Kurniawan (2018) MEMBANGUN GAME “NINE MEN'S MORRIS” DENGAN KECERDASAN BUATAN. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (830kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (169kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (859kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (995kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (63kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code_17.21.1094 Kevin Alan K.S.zip
Restricted to Repository staff only

Download (80MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi_17.21.1094 Kevin Alan K.S.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB)

Abstract

Nine Men's Morris adalah salah satu permainan papan strategi tertua, sangat sulit untuk menemukan asal usul permainan ini, Papan tertua yang pernah ditemukan adalah di Mesir, diperkirakan berasal dari abad ke 14 SM. Pada era abad pertengahan permainan ini sangat terkenal di berbagai benua, di Inggris permainan ini mendapat nama Nine Men’s Morris , di Jerman dikenal dengan nama Mühle, di Perancis disebut Jeu De Moulin atau Merelles, di Cina disebut Sam K'i, dan masih banyak lagi. Permainan ini tidak lagi terkenal seperti dahulu , hal ini disebakan oleh munculnya permainan Catur, Go, dan permainan berbasis dadu. Oleh karena itu penulis mencoba membuat kembali versi digital dari permainan ini, dilengkapi dengan Kecerdasan Buatan yang dirancang untuk memberikan tantangan untuk pemain. Penelitian ini menunjukan bahwa Kecerdasan Buatan lebih kuat jika dilengkapi dengan: Trigger, Algoritma Evaluasi, dan Sistem Memori. Penelitian ini membuktikan kekuatan Kecerdasan Buatan yang memiliki komponen lengkap.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Mustopa, Ali
Uncontrolled Keywords: Permainan, Strategi, Nine Men’s Morris, Kecerdasan Buatan, Algoritma Evaluasi, Sistem Memori
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 03 Aug 2022 07:35
Last Modified: 13 Sep 2023 02:27
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/4890

Actions (login required)

View Item View Item