Abirhosid, Rahmawau Dadang (2018) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN ANIMASI FILM KARTUN 2D “SODOR” MENGGUNAKAN TEKNIK DIGITAL ANIMATION. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (651kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (206kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (738kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (563kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (492kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (37kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (638kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code 14.11.8232 Rahmawau Dadang Abirhosid.zip Restricted to Repository staff only Download (667MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi_14.11.8232 Rahmawau Dadang Abirhosid.pdf Restricted to Repository staff only Download (818kB) |
Abstract
Gobak sodor merupakan permainan yang dulu banyak dikenali diberbagai daerah di Indonesia. Dalam permainan ini, terdapat nilai-nilai penting untuk mebentuk kepribadian. Sayangnya, permainan tradisional ini semakin ditinggalkan masyarakat dan memilih permainan digital di ponsel maupun komputer mereka. Perkembangan juga terjadi terhadap film animasi di dunia modern, yaitu dengan munculnya teknik baru pembuatan animasi menggunakan komputer, teknik ini sering disebut dengan animasi komputer atau digital animation. Dengan memanfaatkan teknik ini, penulis menggunakan beberapa jenis perangkat lunak dari Adobe CC 2017 dan Clip Studio Paint 64-bit pada penelitian dengan judul “Perancangan dan Pembuatan Animasi Film Kartun 2D “SODOR”. Dalam pembuatan film ini terdapat tiga tahap yaitu pra-produksi, produksi, dan postproduksi. Penelitian yang dihasilkan berupa file video yang kemudian diunggah di media online YouTube. Media online ini dipilih karena situs YouTube diperuntukkan untuk mengunggah file video, dan penonton dapat mencarinya dengan menggunakan kata kunci “Film Animasi Pendek “SODOR””. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan dapat mengingatkan kembali masyarakat pada permainan tradisional yang menjadi budaya Indonesia, serta masyarakat dapat memainkan permainan tradisional di kehidupan modern sebagai olahraga lokal.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | pembuatan animasi, animasi 2D, sodor, gobak sodor, permainan tradisional, animasi digital, making animation, 2D animation, sodor, gobak sodor, traditional games, digital animation. | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 01 Aug 2022 03:43 | ||
Last Modified: | 12 Sep 2023 07:39 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/4506 |
Actions (login required)
View Item |