Fazrin, Lis Anisa (2018) PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN SEMAPHORE MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID PADA SMP MUHAMMADIYAH 2 DEPOK. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (533kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (301kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (69kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (552kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source Code-14.11.7667 Lis Anisa Fazrin.zip Restricted to Repository staff only Download (75MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi_14.11.7667 Lis Anisa Fazrin.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Dalam kegiatan ekstrakulikuler Hizbul Wathan di SMP Muhammadiyah 2 Depok pembelajaran materi semaphore masih menggunakan kertas fotokopi sebagai referensi materi yang digunakan muridnya. Selain itu praktik langsung juga diterapkan untuk mempelajari materi semaphore, namun waktu yang ada sangat terbatas yaitu sebanyak dua kali dalam satu tahun. Sehingga kurang maksimal dalam penyampaiannya. Penelitian ini bertujuan untuk membuat metode pembelajaran yang semula dilakukan secara konfensional yaitu menggunakan kertas fotokopi materi dan dipraktekkan secara langsung kini dapat dilakukan dengan cara digital yang bertujuan agar user dapat memahami materi dengan lebih mendalam dan dapat menggunakannya kapanpun dan dimanapun. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis model Miles & Huberman yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu : Reduksi Data, Display Data dan Conclusion Drawing & Verification. Metode perancangan yang digunakan ialah UML (Unified Modeling Language). Metode pengembangan meliputi pembuatan content dan integrasi antara content dan device. Sedangkan untuk metode testing menggunakan white box testing dan black box testing. Hasil dari penelitian ini adalah terealisasinya “Pembuatan Media Pembelajaran Semaphore Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android Pada SMP Muhammadiyah 2 Depok” yang dapat memvisualisasikan sandi – sandi semaphore dengan menggunakan Objek 3D yang digabungkan dengan dunia nyata serta dilengkapi dengan narasi penjelasan gerakan – gerakan 3D yang ditampilkan. Dengan adanya aplikasi tersebut, user dapat belajar dengan menggunakan metode baru yang dapat digunakan sebagai alternatif untuk mempelajari materi semaphore.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Semaphore, 3D, Augmented Reality | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 28 Jul 2022 07:46 | ||
Last Modified: | 12 Sep 2023 07:33 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/4386 |
Actions (login required)
View Item |