PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN SEMAPHORE MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID PADA SMP MUHAMMADIYAH 2 DEPOK

Fazrin, Lis Anisa (2018) PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN SEMAPHORE MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID PADA SMP MUHAMMADIYAH 2 DEPOK. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (533kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (301kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (69kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (552kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code-14.11.7667 Lis Anisa Fazrin.zip
Restricted to Repository staff only

Download (75MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi_14.11.7667 Lis Anisa Fazrin.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dalam kegiatan ekstrakulikuler Hizbul Wathan di SMP Muhammadiyah 2 Depok pembelajaran materi semaphore masih menggunakan kertas fotokopi sebagai referensi materi yang digunakan muridnya. Selain itu praktik langsung juga diterapkan untuk mempelajari materi semaphore, namun waktu yang ada sangat terbatas yaitu sebanyak dua kali dalam satu tahun. Sehingga kurang maksimal dalam penyampaiannya. Penelitian ini bertujuan untuk membuat metode pembelajaran yang semula dilakukan secara konfensional yaitu menggunakan kertas fotokopi materi dan dipraktekkan secara langsung kini dapat dilakukan dengan cara digital yang bertujuan agar user dapat memahami materi dengan lebih mendalam dan dapat menggunakannya kapanpun dan dimanapun. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis model Miles & Huberman yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu : Reduksi Data, Display Data dan Conclusion Drawing & Verification. Metode perancangan yang digunakan ialah UML (Unified Modeling Language). Metode pengembangan meliputi pembuatan content dan integrasi antara content dan device. Sedangkan untuk metode testing menggunakan white box testing dan black box testing. Hasil dari penelitian ini adalah terealisasinya “Pembuatan Media Pembelajaran Semaphore Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android Pada SMP Muhammadiyah 2 Depok” yang dapat memvisualisasikan sandi – sandi semaphore dengan menggunakan Objek 3D yang digabungkan dengan dunia nyata serta dilengkapi dengan narasi penjelasan gerakan – gerakan 3D yang ditampilkan. Dengan adanya aplikasi tersebut, user dapat belajar dengan menggunakan metode baru yang dapat digunakan sebagai alternatif untuk mempelajari materi semaphore.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Ariatmanto, Dhani
Uncontrolled Keywords: Semaphore, 3D, Augmented Reality
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 28 Jul 2022 07:46
Last Modified: 12 Sep 2023 07:33
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/4386

Actions (login required)

View Item View Item