MEMBANGUN GAME EDUKATIF "MATHTOUCH - LEARN MATH IN GAME" UNTUK MEMBANTU MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA PADA OPERASI ARITMATIKA

Surya, Angga Adji (2019) MEMBANGUN GAME EDUKATIF "MATHTOUCH - LEARN MATH IN GAME" UNTUK MEMBANTU MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA PADA OPERASI ARITMATIKA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (799kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (266kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (951kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (65kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA-LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 15.11.8830 Angga Adji Surya.zip
Restricted to Repository staff only

Download (37MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi_15.11.8830 Angga Adji Surya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (535kB)

Abstract

Matematika merupakan salah satu ilmu dasar yang mempunyai peranan yang penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, namun nyatanya mata pelajaran matematika khususnya aritmatika cenderung kurang diminati dan ditakuti oleh sebagian siswa. Oleh karena itu dibutuhkan cara untuk dapat mengatasi permasalahan yang terjadi saat ini. Salah satu jenis pembelajaran yang disukai anak-anak adalah dengan bermain game, Game juga bisa menjadi media pembelajaran alternatif (Game) dengan harapan efektif untuk diterapkan. Pada penelitian ini peneliti mencoba untuk menganalisis pokok-pokok permasalahan yang ada, untuk dapat mengembangkan game pembelajaran mengenai matematika khususnya aritmatika. Peneliti menggunakan metode pengembangan Game GDLC, dalam metode ini terdapat beberapa tahap yaitu inisiasi, pra-produksi, produksi, testing, beta dan rilis. Aplikasi yang dihasilkan berupa game dengan judul “ MathTouch - Learn Math in Game”,yang merupakan game bergenre hybrid, Pemain menggunakan sentuhan atau mouse untuk memilih Sprites Bubble yang terbang, maka nilai yang dipilih akan diakumulasikan untuk mencapai hasil yang sesuai dengan pertanyaan. Diantara sprites bubble yang terbang terdapat sprites bubble dengan efek khusus yang berpengaruh dalam jalannya permainan. Game “MathTouch - Learn Math in Game” ditujukan untuk Siswa Sekolah Dasar. Peneliti mendistribusikan game yang telah dibuat melalui Play Store.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Maulina, Dina
Uncontrolled Keywords: Aritmatika, Game, Construct 2, metode pengembangan game, hybrid, development method
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 28 Jul 2022 04:47
Last Modified: 07 Sep 2023 03:49
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/4322

Actions (login required)

View Item View Item