KLASTERISASI PRODUK PROMO DI CV DEWI MEDIA LESTARI DENGAN MENGGUNAKAN METODE CLARANS

Nurkhaeni, Novi (2019) KLASTERISASI PRODUK PROMO DI CV DEWI MEDIA LESTARI DENGAN MENGGUNAKAN METODE CLARANS. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (900kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (248kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (905kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (811kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (73kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source code_16.11.0602 Novi Nurkhaeni.zip
Restricted to Repository staff only

Download (24MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi_16.11.0602 Novi Nurkhaeni.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (731kB)

Abstract

CV Dewi Media Lestari merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang industri kreatif. Perusahaan ini memproduksi barang promosi, merchandise, branding, dan pembuatan paket seminar kit beserta souvenir. Untuk mewujudkan visi menjadi perusahaan industri kreatif terbesar di Indonesia dan terintegrasi dengan sistem, baik secara online maupun offline, perusahaan mempunyai misi untuk selalu mengikuti perkembangan teknologi dan isi-isu yang akan datang. Berdasarkan web penjualan yang sudah ada, pihak perusahaan masih melakukan pendataan secara manual untuk menentukan barang best seller dan barang yang akan didiskon. Untuk mempermudah dalam pengolahan data transaksi, penulis akan menambahkan sistem pendukung keputusan di website CV Dewi Media Lestari. Dalam menganalisis data transaksi, penulis melakukan analisa terhadap data menggunakan algoritma CLARANS untuk clustering pada data penjualan. Analisis cluster bertujuan untuk mengelompokkan koleksi pola ke dalam cluster berdasarkan kesamaan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk pengambilan keputusan dalam membantu pelaku bisnis menentukan strategi pemasaran, khususnya bidang promosi produk yang efektif dan tepat sasaran. Dengan mengetahui produk yang sering dijual, maka pihak perusahaan dapat dengan mudah menentukan produk best seller dan produk yang akan diberikan diskon.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Seniwati, Erni
Uncontrolled Keywords: klasterisasi, partisi, k-medoid, CLARANS, silhouette
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 27 Jul 2022 03:13
Last Modified: 06 Sep 2023 01:55
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/4131

Actions (login required)

View Item View Item