Nurkhaeni, Novi (2019) KLASTERISASI PRODUK PROMO DI CV DEWI MEDIA LESTARI DENGAN MENGGUNAKAN METODE CLARANS. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (900kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (248kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (905kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (811kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (73kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (76kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
Source code_16.11.0602 Novi Nurkhaeni.zip Restricted to Repository staff only Download (24MB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi_16.11.0602 Novi Nurkhaeni.pdf Restricted to Repository staff only Download (731kB) |
Abstract
CV Dewi Media Lestari merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang industri kreatif. Perusahaan ini memproduksi barang promosi, merchandise, branding, dan pembuatan paket seminar kit beserta souvenir. Untuk mewujudkan visi menjadi perusahaan industri kreatif terbesar di Indonesia dan terintegrasi dengan sistem, baik secara online maupun offline, perusahaan mempunyai misi untuk selalu mengikuti perkembangan teknologi dan isi-isu yang akan datang. Berdasarkan web penjualan yang sudah ada, pihak perusahaan masih melakukan pendataan secara manual untuk menentukan barang best seller dan barang yang akan didiskon. Untuk mempermudah dalam pengolahan data transaksi, penulis akan menambahkan sistem pendukung keputusan di website CV Dewi Media Lestari. Dalam menganalisis data transaksi, penulis melakukan analisa terhadap data menggunakan algoritma CLARANS untuk clustering pada data penjualan. Analisis cluster bertujuan untuk mengelompokkan koleksi pola ke dalam cluster berdasarkan kesamaan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk pengambilan keputusan dalam membantu pelaku bisnis menentukan strategi pemasaran, khususnya bidang promosi produk yang efektif dan tepat sasaran. Dengan mengetahui produk yang sering dijual, maka pihak perusahaan dapat dengan mudah menentukan produk best seller dan produk yang akan diberikan diskon.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | klasterisasi, partisi, k-medoid, CLARANS, silhouette | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 003 Sistem-sistem 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 27 Jul 2022 03:13 | ||
Last Modified: | 06 Sep 2023 01:55 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/4131 |
Actions (login required)
View Item |