PENERAPAN METODE INVERS KINEMATIK DENGAN TEKNOLOGI DUIK UNTUK PENGGERAKAN KARAKTER ANIMASI 2D MENGGUNAKAN ADOBE AFTER EFFECT

Hutubessy, Alvino (2019) PENERAPAN METODE INVERS KINEMATIK DENGAN TEKNOLOGI DUIK UNTUK PENGGERAKAN KARAKTER ANIMASI 2D MENGGUNAKAN ADOBE AFTER EFFECT. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (874kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (270kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (804kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (69kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code_15.11.8918 Alvino Hutubessy.zip
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi_15.11.8918 Alvino Hutubessy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Animasi secara harfiah berarti hidup/bergerak. Pada animasi 2D, untuk menciptakan sebuah animasi yang realistis masih dirasa sulit karena memerlukan banyak waktu untuk menciptakan sebuah gerakan dari karakter seperti pada metode frame by frame. Duik merupakan teknologi yang dapat membantu dalam penganimasian karakter 2D dengan menggunakan metode invers kinematik. Dengan metode invers kinematik animator dapat membuat gerakan lebih cepat dari sebelumnya tanpa menggambar pada setiap frame. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode invers kinematik dengan teknologi duik pada karakter non-humanoid menggunakan software Adobe After Effects. Pada penelitian ini proses pengujian terhadap duik dilakukan dengan pengujian gerakan menggunakan prinsip animasi sebagai variabel uji coba gerakan untuk mengetahui keberhasilan gerakan. Kemudian analisis perbandingan duik dan frame by frame untuk mengetahui keunggulan duik dan analisis hasil dengan pengumpulan data menggunakan kuisioner yang disebarkan ke 30 responden untuk memberikan penilaian terhadap gerakan karakter. Hasil dari penelitian ini adalah waktu penganimasian metode invers kinematik menggunakan duik lebih singkat yaitu 40 menit dibandingkan dengan waktu penganimasian menggunakan teknik metode frame by frame yaitu 3 jam 20 menit. Data penilaian dari responden terhadap gerakan karakter yaitu sangat baik dengan persentase 86,4%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Metode invers kinematik menggunakan duik dapat digunakan untuk proses rigging dan penganimasian karakter non-humanoid.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Nugraha, Bhanu Sri
Uncontrolled Keywords: Duik, invers kinematik, animasi 2D, non-humanoid, Adobe After Effects
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 26 Jul 2022 07:18
Last Modified: 11 Sep 2023 04:39
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/4060

Actions (login required)

View Item View Item