PERANCANGAN DAN PEMBUATAN MEDIA INTERAKTIF “QANITA” BAHASA ARAB UNTUK MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 YOGYAKARTA

R, Shintyara Kusuma Arisa (2019) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN MEDIA INTERAKTIF “QANITA” BAHASA ARAB UNTUK MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 YOGYAKARTA. D3 - Diploma thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (250kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (863kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (56kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA -LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code 18.01.4278 Shintyara Kusuma Arisa R.zip
Restricted to Repository staff only

Download (106MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi -18.01.4278 Shintyara Kusuma Arisa R.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (711kB)

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab sudah lama dilakukan di Indonesia, namun hasilnya belum sepenuhnya maksimal. Berbagai masalah masih sering bermunculan dan hampir jarang terselesaikan. Aktifitas pengajaran bahasa Arab sebagai inti proses pendidikan berjalan kurang maksimal. Guru memiliki tantangan tersediri dalam mengajarka kepada anak-anak. Berbeda dengan bahasa lain, pendidikan bahasa Arab memiiki struktur susunan kata yang cukup sulit sehingga dibutuhkan metode mudah mengajarkan bahasa Arab pada anak. Mengajarkan anak-anak bahasa Arab tidaklah mudah, karena dunia anak sebenarnya hanya untuk bermain. Oleh karena itu perlu adanya suatu strategi pembelajaran untuk menarik bagi para siswa. Perkembangan teknologi multimedia telah menjanjikan potensi besar dalam merubah cara seseorang untuk belajar, untuk memperoleh informasi, menyesuaikan informasi dan sebagainya. Multimedia juga menyediakan peluang bagi pendidik untuk mengembangkan teknik pembelajaran. Sumber informasi tidak lagi terfokus pada pembelajaran yang dilaksanakan secar konvensional seperti teks dari buku semata-mata tetapi lebih luas dari itu. Salah satu pemanfaatan teknologi informasi adalah dengan membuat aplikasi pembelajaran Bahasa Arab berbasis multimedia dengan penambahan animasi sehingga membuat tampilan menjadi lebih menarik, karena informasi yang dilengkapi dengan visualisasi dan animasi dapat mudah dipahami oleh para siswa . Melihat permasalahan diatas penulis tertarik untuk melakukan penelitian gua memberikan alternative media pembelajaran awal bagi siswa dengan sangat interaktif dan edukatif terutama pengenalan bahasa Arab. Denga kemajuan teknologi sekarang ini, dalam penelitian ini akan di bangun aplikasi edukasi interaktif pembelajara bahasa Arab . Aplikasi ini di bangun dengan perangkat lunak Adobe Flash.

Item Type: Thesis (D3 - Diploma)
Contributor:
Pembimbing
Kurniawan, Mei Parwanto
Uncontrolled Keywords: Media Interaktif, Bahasa Arab, Flash, Interactive Media, Arabic Language,
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > D3 Teknik Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 08 Jul 2022 07:19
Last Modified: 05 Sep 2023 06:25
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/3671

Actions (login required)

View Item View Item