Yogiantoro, Bimo Aji (2022) PENERAPAN BATTLE SYSTEM PADA NPC HANTU MENGGUNAKAN METODE TRIGGER DETECTION DALAM GAME SUWUNG. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (544kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (146kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (970kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (621kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (56kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA -LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (240kB) |
|
Other (SOURCE CODE)
Source Code-18.82.0275-Bimo Aji Yogiantoro - Bimo Aji Yogiantoro.rar Restricted to Repository staff only Download (1GB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-18.82.0275-Bimo Aji Yogiantoro - Bimo Aji Yogiantoro.pdf Restricted to Repository staff only Download (637kB) |
Abstract
Game Suwung merupakan game bertemakan Horror First Person. Untuk memainkan game ini, pemain diharuskan menyelesaikan setiap teka-teki untuk keluar dari rumah tersebut. Selama menyelesaikan teka-teki, pemain akan diganggu oleh musuh yang akan mengurangi kesehatan pemain secara berkala. Pada game ini terdapat karakter yang dinamakan NPC. NPC (Non-Playable Character) adalah karakter game yang dijalankan tanpa kontrol dari pemainnya. Terdapat beberapa jenis NPC yang dapat di jadikan acuan, yaitu NPC partner, NPC quest, NPC enemy dan NPC pendukung cerita. Untuk percobaan kali ini menggunakan NPC enemy, dimana karakter NPC tersebut berwujud karakter Hantu. NPC Hantu merupakan sebuah karakter yang berperan sebagai penelitian ini, yang berfokus untuk mengetahui sistem battle hantu dengan pemain menggunakan metode trigger detection. Terdapat parameter yang digunakan NPC Hantu dalam mendeteksi pemain yaitu pada saat pemain mendekati jalur patroli NPC Hantu di saat NPC Hantu tersebut berada di dekat pemain, maka NPC Hantu akan mengejar pemain tersebut lalu menyerang pemain tersebut. kemudian output dari NPC Hantu yaitu menyerang agresif yang menyebabkan kerusakan pada kesehatan pemain cukup besar. Berdasarkan hasil pengujian alpha dengan menggunakan metode greybox maka dapat disimpulkan bahwa mekanisme pada game suwung memiliki error dengan error atau bug. Namun setelah diperbaiki kemudian dapat berjalan sesuai harapan dan semestinya. Sedangkan berdasarkan hasil pengujian beta pemain, dengan skala Likert diperoleh persentase sebesar 60,45%. Dengan begitu Battle System pada game Suwung menunjukkan bahwa evaluasi pengguna sudah baik.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Non-playable character, First person, Trigger detection | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi | ||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 02 Jul 2022 05:56 | ||
Last Modified: | 05 Aug 2023 03:07 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/3550 |
Actions (login required)
View Item |