Diansyah, Ahmad Febri (2022) KOMPARASI ALGORITMA CLUSTERING ANTARA K-MEANS DAN FUZZY C-MEANS PADA PENGELOMPOKKAN HERO DOTA 2. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (622kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (271kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (498kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (356kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (71kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) |
|
Archive (SOURCE CODE)
fiks - Source Code-18.11.1984-Ahmad Febri Diansyah - 1984 Ahmad Febri Diansyah.rar Restricted to Repository staff only Download (942kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-18.11.1984-Ahmad Febri Diansyah - 1984 Ahmad Febri Diansyah.pdf Restricted to Repository staff only Download (498kB) |
Abstract
Dota 2 merupakan game online bergenre MOBA yang dirilis oleh Valve pada tahun 2013. Game ini merupakan sekuel dari Defense of Ancients (DotA). Dota 2 membagi dua tim yang terdiri dari 5 pemain satu sama lain dan mempunyai peran yang berbeda. Ada dua base utama dalam permainan, kedua tim bertugas melindungi markas masing-masing yang disebut Ancient. Namun, game ini juga mendapat banyak kritik karena sistem gameplay yang sulit dipelajari, terutama bagi pemain baru. Adapun faktor yang mempengaruhi jalannya game untuk mencapai kemenangan seperti pembacaan map, pemilihan item, penggunaan skills dan yang paling penting adalah pemilihan hero. Berbagai studi telah melakukan banyak penelitian tentang hal tersebut. Namun, masih jarang ada orang yang membahas pengelompokan hero (karakter) berdasarkan karakteristiknya tanpa melihat tipe yang ditentukan developer sebagai panduan untuk memilih hero berdasarkan kemampuan pemain. Itulah mengapa penelitian ini dibuat untuk menyusun pengklasteran menggunakan algoritma K-Means dan Fuzzy C-Means terhadap hero pada game Dota 2. Dari hasil penelitian yang dilakukan didapatkan 5 klaster, masing-masing dari klaster tersebut adalah Hard Carry, Midlaner, Offlaner, Support dan Hard Support. Penelitian ini juga akan membuktikan algoritma mana yang mempunyai tingkat akurasi terbaik algoritma K-Means dan Fuzzy C-Means.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Dota 2, K-Means, Fuzzy C-Means, Klaster | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 02 Jul 2022 01:35 | ||
Last Modified: | 07 Aug 2023 03:23 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/3468 |
Actions (login required)
View Item |