KOMPARASI ALGORITMA CLUSTERING ANTARA K-MEANS DAN FUZZY C-MEANS PADA PENGELOMPOKKAN HERO DOTA 2

Diansyah, Ahmad Febri (2022) KOMPARASI ALGORITMA CLUSTERING ANTARA K-MEANS DAN FUZZY C-MEANS PADA PENGELOMPOKKAN HERO DOTA 2. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (622kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (271kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (71kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
fiks - Source Code-18.11.1984-Ahmad Febri Diansyah - 1984 Ahmad Febri Diansyah.rar
Restricted to Repository staff only

Download (942kB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-18.11.1984-Ahmad Febri Diansyah - 1984 Ahmad Febri Diansyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (498kB)

Abstract

Dota 2 merupakan game online bergenre MOBA yang dirilis oleh Valve pada tahun 2013. Game ini merupakan sekuel dari Defense of Ancients (DotA). Dota 2 membagi dua tim yang terdiri dari 5 pemain satu sama lain dan mempunyai peran yang berbeda. Ada dua base utama dalam permainan, kedua tim bertugas melindungi markas masing-masing yang disebut Ancient. Namun, game ini juga mendapat banyak kritik karena sistem gameplay yang sulit dipelajari, terutama bagi pemain baru. Adapun faktor yang mempengaruhi jalannya game untuk mencapai kemenangan seperti pembacaan map, pemilihan item, penggunaan skills dan yang paling penting adalah pemilihan hero. Berbagai studi telah melakukan banyak penelitian tentang hal tersebut. Namun, masih jarang ada orang yang membahas pengelompokan hero (karakter) berdasarkan karakteristiknya tanpa melihat tipe yang ditentukan developer sebagai panduan untuk memilih hero berdasarkan kemampuan pemain. Itulah mengapa penelitian ini dibuat untuk menyusun pengklasteran menggunakan algoritma K-Means dan Fuzzy C-Means terhadap hero pada game Dota 2. Dari hasil penelitian yang dilakukan didapatkan 5 klaster, masing-masing dari klaster tersebut adalah Hard Carry, Midlaner, Offlaner, Support dan Hard Support. Penelitian ini juga akan membuktikan algoritma mana yang mempunyai tingkat akurasi terbaik algoritma K-Means dan Fuzzy C-Means.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Setiaji, Bayu
Uncontrolled Keywords: Dota 2, K-Means, Fuzzy C-Means, Klaster
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 004 Pemrosesan data dan ilmu komputer
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 02 Jul 2022 01:35
Last Modified: 07 Aug 2023 03:23
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/3468

Actions (login required)

View Item View Item