PERANCANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR TENTANG FABEL "SI KANCIL MENCURI TIMUN" MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY

Attaqy, Moh. Zujaj (2022) PERANCANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR TENTANG FABEL "SI KANCIL MENCURI TIMUN" MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (178kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (806kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (76kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf

Download (308kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
Source Code-17.11.1764-Moh. Zujaj Attaqy - Moh. Zujaj Attaqy.zip
Restricted to Repository staff only

Download (126MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi-17.11.1764-Moh. Zujaj Attaqy - Moh. Zujaj Attaqy.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (601kB)

Abstract

Augmented reality sebagai media penyampaian informasi yang membuat suatu hal lebih menarik akan lebih digemari. Buku cerita bergambar berbasis augmented reality tentang fabel “Si Kancil Mencuri Timun” memberikan pengalaman menikmati suatu cerita menggunakan media buku cerita bergambar. Model waterfall merupakan metode yang mudah diimplementasikan dan tidak memakan waktu, menjadi pilihan untuk menjadi development life cycle pada penelitian buku cerita augmented reality Si Kancil. Aplikasi augmented reality yang dikembangkan untuk perangkat android dengan sistem operasi versi 8.1 (Oreo) sampai dengan versi 11. Melalui rangkaian pengujian pada beberapa perangkat, jarak kamera pada marker dan efek pencahayaan. Dengan jarak 25 cm pengguna dapat menikmati video adegan dengan nyaman, dan dalam pencahayaan yang mencukupi akan membuat marker tetap terpindai oleh kamera. Pengujian langsung aplikasi kepada 10 penguji yang telah dijelaskan menggunakan aplikasi AR membuahkan hasil bahwa aplikasi AR Si Kancil yang dibuat menggunakan model waterfall sudah cukup nyaman untuk dinikmati oleh pengguna.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
Ariatmanto, Dhani
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Waterfall, Si Kancil, Buku Cerita, Aplikasi
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 01 Jul 2022 08:17
Last Modified: 07 Aug 2023 03:49
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/3450

Actions (login required)

View Item View Item