Rahmatullah, Fajar (2022) MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY UNTUK PENGENALAN ANATOMI TUBUH BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN TEKNIK MARKER BASED TRACKING (STUDI KASUS: SD Negeri Nogotirto). S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.
Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (298kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (560kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (545kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (946kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Download (62kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (254kB) |
|
Other (SOURCE CODE)
Source Code-17.12.0388-Fajar Rahmatullah - Fajar Rahmatullah.rar Restricted to Repository staff only Download (2kB) |
|
Text (PUBLIKASI)
Publikasi-17.12.0338-Fajar Rahmatullah - Fajar Rahmatullah.pdf Restricted to Repository staff only Download (563kB) |
Abstract
Media Pendidikan sangat diperlukan sebagai penyampaian pesan guna meminimalkan kegagalan selama proses pembelajaran berlangsung, proses pembelajaran yang baik haruslah memuat aspek interaktif, menyenangkan, menantang, memotivasi dan memberikan ruang yang lebih bagi siswa untuk dapat mengembangkan kreativitas dan kemandirian, sesuai dengan bakat dan minat siswa. Terutama dalam pembelajaran anatomi tubuh manusia di dalam ilmu pengetahuan alam itu sangat penting. Sehingga para siswa lebih mudah untuk memahami arti-arti bahasa khususnya dari materi anatomi tubuh manusia tersebut. Pada saat ini media pembelajaran dalam organ manusia yang diterapkan dunia pendidikan adalah menggunakan buku, dan menggunakan alat peraga sebagai alat bantu dalam belajar. Untuk itu perlu cara lain untuk menyiasati nya yaitu dengan menggunakan teknologi Augmented Reality dalam pembuatan animasi 3D agar terlihat lebih real-time dan menarik, Augmented Reality merupakan teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda maya tersebut dalam waktu nyata (realtime). Hasil uji coba kepada siswa sebagai responden memberikan respon ketertarikan terhadap media pembelajaran anatomi tubuh yang telah dibuat, hal tersebut di dukung dengan hasil pengujian usability kepada pengguna yakni sebesar 87%, dengan demikian media pembelajaran anatomi ini layak digunakan sebagai media pembelajaran dalam memperkenalkan organ – organ tubuh manusia khususnya pencernaan.
Item Type: | Thesis (S1 - Sarjana) | ||
---|---|---|---|
Contributor: |
|
||
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Anatomi, Augmented Reality, Learning Media, Anatomy | ||
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 006 Metode komputer khusus > 696 Animasi |
||
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi | ||
Depositing User: | RC Universitas AMIKOM Yogyakarta | ||
Date Deposited: | 01 Jul 2022 08:00 | ||
Last Modified: | 07 Aug 2023 01:45 | ||
URI: | http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/3440 |
Actions (login required)
View Item |