MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS DEKSTOP UNTUK MATERI BAHAYA NARKOBA DI PANTI ASUHAN DARUN NAJAH YOGYAKARTA

Ilhami, Yusra (2021) MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS DEKSTOP UNTUK MATERI BAHAYA NARKOBA DI PANTI ASUHAN DARUN NAJAH YOGYAKARTA. S1 - Sarjana thesis, Universitas AMIKOM Yogyakarta.

[img] Text (COVER-ABSTRAK)
COVER.pdf

Download (743kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (215kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (746kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (715kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (47kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA - LAMPIRAN)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Archive (SOURCE CODE)
fiks - Source Code-16.11.0530-Yusra Ilhami - Yusra Ilhami.rar
Restricted to Repository staff only

Download (112MB)
[img] Text (PUBLIKASI)
Publikasi_16.11.0530_Yusra Ilhami - Yusra Ilhami.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (998kB)

Abstract

Pendidikan tidak hanya diperoleh dari sekolah, di lingkungan juga dapat bertumbuh kembang. Lingkungan yang baik akan membawa anak juga bersikap positif. begitupun sebaliknya, Namun yang terjadi sekarang adalah banyak anak khususnya remaja terpengaruh terhadap lingkungan negatif yaitu penyalahgunaan narkoba. Yang dimana tercatat ada 3,6 juta pengguna narkoba pada tahun 2019. Dimana 27% pengguna narkoba di Indonesia dari kalangan pelajar dan mahasiswa. Untuk meningkatkan wawasan tentang bahaya narkoba tersebut, maka materi yang perlu diberikan, membutuhkan media dan audio yang dapat lebih mendukung penjelasan materi. Dalam rumusan masalah dari penelitian ini yaitu cara merancang media interaktif terhadap bahaya narkoba. Selain meningkatkan wawasan tentang bahaya narkoba pada santri panti asuhan, terdapat tujuan lain dalam penelitian ini yaitu membuat media pembelajaran melingkupi narkoba untuk peserta. Mengimplementasi metode adobe animate dalam membuat media pembelajaran tentang bahaya narkoba. Pada media pembelajaran ini terdapat penjelasan 4 materi yaitu pengertuan narkoba, jenis narkoba dan efek, pencegahan pengobatan terhadap narkoba dan video pendukung yang di ambil dari situs resmi youtube Badan Narkotika Nasional (BNN). Dan terdapat sebuah kuis yang dapat di jawab oleh peserta. Dalam penelitian ini menggunakan sistem kuesioner untuk melihat sebagai ke efektif dalam testing pada aplikasi tersebut, yang dimana dalam kuesioner salah satu instrumen krusial dalam pengumpulan data penelitian, khususnya pengumpulan data primer. Dimana hasil pada uji validasi pada alikasi berdasarkan kuesioner adalah 83, 82 % pada hasil uji angket ahli, dan 90, 45 % pada hasil uji angket pengguna. Maka dari kelayakan media termasuk kriteria sangat baik. Dimana penelitian ini telah berhasil menghasilkan media pembelajaran terhadap pemahamanakan bahaya narkoba pada peserta yang ikut.

Item Type: Thesis (S1 - Sarjana)
Contributor:
Pembimbing
-, Norhikmah
Uncontrolled Keywords: Narkoba, Remaja, Media Interaktif, Kuesioner
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 000 Ilmu komputer, informasi dan pekerjaan umum
000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Informatika
Depositing User: RC Universitas AMIKOM Yogyakarta
Date Deposited: 01 Jul 2022 06:54
Last Modified: 07 Aug 2023 02:10
URI: http://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/3392

Actions (login required)

View Item View Item